5 Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Setelah Vaksin Covid-19

13 Juli 2021Syilvia Tjhia

Sudah ada banyak masyarakat Indonesia yang sudah divaksin Covid-19. Vaksin merupakan senyawa yang disuntikan ketubuh manusia untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, supaya tubuh lebih kebal dari berbagai macam virus penyebab penyakit. Saat kita bayi pun, kita sudah mengenal vaksin seperti campak, polio, influenza dan lain-lainnya.

Setelah vaksin memang ada beberapa orang yang merasakan efek samping seperti demam, tubuh lemas dan lain sebagainya. Nah, supaya kamu tidak merasakan efek samping setelah suntik vaksin. Ada beberapa makanan dan minuman yang perlu kamu ketahui setelah suntik vaksin Covid-19. 

Berikut daftar makanan atau minuman setelah vaksin Covid-19 yang bisa kamu konsumsi untuk mendapatkan gizi yang seimbang:

Air Putih

Setelah vaksin sebaiknya mengonsumsi air putih yang cukup dan jangan sampai tubuh menjadi dehidrasi. CDC merekomendasi setelah menerima suntikan vaksin Coronavirus harus meminum air putih yang banyak. Karena, air mampu menambah oksigen ke darah sehingga bisa membantu sistem kekebalan tubuh bekerja dengan efektif.

| Baca Juga:

Sayuran Hijau

Supaya terbebas dari efek samping vaksin, kamu harus mengonsumsi sayuran hijau. Sayuran hijau yang kaya akan antioksidan dan klorofil seperti brokoli, bayam dan lain-lain.

Sup Ayam

Hidangan sup ayam yang memiliki bahan pelengkap yaitu bawang putih, wortel, daging ayam dan seledri mampu membantu memasok mineral seperti zat besi dan kalium serta sumber beta-karoten yang bertindak sebagai antioksidan. Kaldu pada sup ayam juga bisa melegakan saluran pernapasan.

| Simak Juga:

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, mete, pistachio dan kenari merupakan sumber vitamin dan mineral yang lengkap untuk tubuh. Sehingga dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh dan kacang-kacangan pun bisa memelihara kesehatan jantung lho.

Ikan

Menu makanan terakhir adalah ikan. Ikan yang berlemak seperti tuna dan salmon kaya akan omega-3, lemak pada ikan bisa menyehatkan jantung dan dapat mengurangi peradangan pada tubuh. Ikan yang bisa kamu konsumsi setelah vaksin adalah sarden, teri, salmon dan ikan lain yang mengandung omega-3.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang dibisa menambah imunitas tubuh setelah vaksin. Makanan yang tidak disarankan secara medis setelah disuntik vaksin Covid-19 yaitu makanan olahan, makanan yang tinggi garam, gula, pengawet dan bahan makanan lain yang tidak sehat. 

Yang belum vaksin Covid-19, yuk segera vaksin dan sukseskan program vaksinasi Covid-19!

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Resep Sebelumnya Resep Selanjutnya