Makanan yang Wajib Dikonsumsi Setelah Sembuh dari Covid-19

14 Juli 2021Syilvia Tjhia

Bagi pasien Covid-19 yang telah sembuh, harus tetap menjaga imunitas tubuh supaya tetap bugar. Tetap menerapkan protokol kesehatan dan mengonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi tinggi untuk menjaga imunitas. Setelah sembuh dari sakit, tubuh berkerja lebih keras untuk membangun dan memperbaiki kembali jaringan yang rusak. Hal ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Nah, supaya tubuh lekas bugar, tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang baik dan dipenuhi. 

Berikut makanan yang harus kamu konsumsi setelah sembuh dari Covid-19:

Makanan yang Mengandung Vitamin C Tinggi

Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang efektif dalam meningkatkan sistem imun tubuh. Kamu bisa mendapatkan vitamin C dari sayuran maupun buah-buahan. Buah-buahan yang mengandung vitamin C tinggi seperti jeruk, lemon, stroberi, tomat, dan pepaya. Sayuran seperti bayam,brokoli, kale, parsley dan lain-lainnya.

Makanan yang Mengandung Vitamin D Tinggi

Selain vitamin C, tubuh kamu juga memerlukan vitamin D yang tinggi dalam proses pemulihan setelah sakit. Vitamin D bisa didapatkan dari makanan seperti kuning telur, udang, hati sapi, jamur, dan salmon. Kamu juga bisa mendapatkan vitamin D dengan gratis yaitu dengan cara berjemur dibawah sinar matahari minimal 15 menit setiap pagi.

| Baca Juga:

Makanan yang Mengandung Zinc

Zinc adalah salah satu zat gizi mikro yang berperan dalam reaksi metabolisme tubuh. Kandungan mineral ini dapat mendukung fungsi kekebalan tubuh kamu, sehingga bisa menangkal berbagai radikal bebas agar tidak masuk kedalam tubuh. Karena, zinc fungsinya sebagai antioksidan.

Makanan yang mengandung zinc yang baik untuk tubuh seperti almond, keju, biji labu, susu, daging ayam.

Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

Protein merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh selama masa penyembuhan setelah sakit. Peran protein untuk meningkatkan kekuatan tulang, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, membangun otot serta meningkatkan daya tahan tubuh. Protein ada 2 jenis, yakni protein nabati dan protein hewani. Protein hewani bisa kamu dapatkan dari ikan, telur, susu, dan daging. Sedangkan protein nabati bisa kamu dapatkan dari kacang-kacangan, tempe, tahu dan edamame.

Nah itulah makanan yang wajib kamu konsumsi setelah sembuh dari Covid-19. Semoga bermanfaat!

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Resep Sebelumnya Resep Selanjutnya