2020 Masih Percaya Mitos Tentang Makanan Ini?

4 Agustus 2020Syilvia Tjhia

Saat ini banyak masyarakat yang sudah mulai sadar akan pentingnya kesehatan, mulai perubahan dari memulai hidup sehat seperti konsumsi makanan sehat, olahraga dan lainnya. Namun, pasti kamu pernah mendengar mitos tentang makanan yang belum tentu benar. Simak yuk kebenaran dari mitos-mitos yang beredar tentang makanan.

  1. Buah Segar Lebih Sehat Daripada Buah Beku
Image: fruitsandveggies.org

Faktanya mengkonsumsi buah beku tidak berarti kamu tidak mendapatkan nutrisi dari buah tersebut.  Justru buah jika dibekukan akan membuat buah mempertahankan vitamin dan mineralnya lebih banyak. Baik buah maupun sayuran yang dibekukan nutrisinya lebih konsisten dibandingkan bahan pangan segar lainnya yang disimpan pada lemari es dalam beberapa hari.

  1. Makanan Tanpa atau Rendah Lemak Lebih Sehat
Image: discover.grasslandbeef.com

Jika kita mengkonsumsi makanan seperti susu dan daging maka mitos ini benar bahwa rendah lemak atau tanpa lemak lebih sehat. Namun, tidak sama halnya dengan makanan atau camilan olahan yang dikemas. Biasanya produsen menghilangkan bahan seperti lemak namun sebagai penggantinya bahan yang digunakan adalah gula. Para ahli gizi menyarankan lebih baik menghindari makanan yang bebas lemak secara buatan, sebagai penggantinya bisa mengkonsumsi lemak yang sehat seperti kacang-kacangan.

  1. Yoghurt Mengandung Gula yang Banyak
Image: Verywell / Alexandra Shytsman

Yoghurt memiliki kandungan gula yang tinggi memang fakta lho, sebaiknya kamu harus teliti memilih merek yoghurt. Belilah yoghurt yang plain atau polos tanpa kandungan gula.

  1. Kopi Merupakan Minuman yang Tidak Sehat
Image: mauorder.com

Faktanya kopi jika kita konsumsi secara tidak berlebihan atau sesuai takaran, sangat bermanfaat lho. Sebaliknya jika kamu konsumsi secara berlebihan akan berdampak buruk pada kesehatan apalagi jika kamu sedang menjalankan program diet.

  1. Karbohidrat Tidak Sehat Dikonsumsi
Image: jovee.id

Biasanya bagi yang menjalankan program diet dianjurkan untuk menghilangkan karbohidrat dalam makanan sehari-harinya. Hal inilah yang membuat orang salah mengerti atau salah kaprah, sehingga berhenti mengkonsumsi segala jenis karbohidrat yang sebenarnya sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Sebenarnya karbohidrat yang dianjurkan untuk dikurangi adalah karbohidrat yang sederhana dari gula, jus buah, sirup jagung. Karena tipe karbohidrat tersebut  dapat menyebabkan tingkat gula darah, sehingga membuat gula darah tersumat. Oleh karena ini, sebaiknya dihindari. Karbohidrat yang kompleks seperti kacang polong, sayuran bermanfaat memberikan energi pada tubuh supaya stabil dan rendah kalori.

Itulah 5 mitos tentang makanan yang masih sering kita dengar di masyarakat.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Resep Sebelumnya Resep Selanjutnya