5 Cara Menghilangkan Bau Prengus Pada Daging Kambing

30 Juli 2020Syilvia Tjhia

Tidak terasa ya besok sudah Hari Raya Idul Adha. Pasti teman-teman semua mendapatkan daging kambing, umumnya daging kambing dari kurban dimasak antara lain tongseng, sate, gulai dan lainnya. Namun, daging kambing memiliki bau prengus sehingga membuat kita terkadang merasa sedikit risih dengan bau amis dari daging kambing. Jadi, bagaimana cara mengolah atau menghilangkan bau prengus pada daging kambing?

Simak tips cara menghilangkan bau prengus pada daging kambing dibawah ini.

  1. Tidak mencuci daging kambing.

Supaya bau prengus tidak makin kuat, sebaiknya daging kambing langsung diolah tanpa mencuci terlebih dahulu. Bau amis akan berkurang dengan sendiri jika dimasak dengan benar, sebagai penggantinya kamu bisa memasukkan daging kambing mentah kedalam air panas (mendidih) lalu didiamkan sebentar hingga daging mengeluarkan buih baru diangkat. Pada proses perebusan daging kambing ini untuk menghilangkan bau daging kambing dan kotoran.

  1. Taburkan Garam

Cara ke-dua bisa kamu taburkan garam pada daging kambing. Lumuri permukaan daging dengan garam lalu diamkan kurang lebih selama 1 jam. Fungsi garam akan menetralkan bau darah pada daging kambing. Setelah itu bersihkan daging kambing dengan air dingin sebelum diolah.

  1. Rebus dengan Lobak

Rebus daging kambing dengan lobak, potong lobak ukuran sedang secukupnya. Lalu masak kurang lebih 30 menit dan keluarkan lobak. Lobak memiliki kandungan kadar kolin yang rendah sehingga bisa mengurangi bau tidak sedap pada daging kambing.

  1. Rebus dengan Cuka

Caranya rebus daging kambing bersama cuka dan tebu. Takarannya 1 kilogram daging kambing, 50 gram cuka dan 200 gram tebu lalu direbus selama kurang lebih 30 menit.

  1. Masak dengan Rempah-Rempah

Siapkan jahe lalu di memarkan, campurkan pada daging kambing yang akan diolah. Selain jahe, kamu juga bisa gunakan rempah yang beraroma kuat seperti kayu manis, cengkeh, kapulaga dan lainnya.

Nah, itulah 5 cara menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Semoga bermanfaat.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Resep Sebelumnya Resep Selanjutnya