Tips Memasak Nasi Liwet Menggunakan Rice Cooker

3 Agustus 2021Syilvia Tjhia
cara masak nasi liwet

Nasi liwet adalah makanan khas dari Solo, Jawa Tengah. Rasa nasi liwet yang gurih mirip dengan nasi uduk, biasanya nasi liwet disajikan dengan beragam lauk seperti ayam goreng, ikan asin, cabe dan sayur-sayuran. 

Jika kangen dengan nasi liwet, tidak perlu khawatir apalagi sedang PPKM sehingga membuat kamu tidak bisa berkunjung ke daerah khas nasi liwet yaitu Solo. Kamu bisa membuat nasi liwet hanya dengan rice cooker lho, memang nasi liwet dimasak dengan kukusan jauh lebih nikmat. 

| Baca Juga:

Cara Masak Nasi Liwet Khas Sunda

Tapi jika kamu tidak mau ribet, kamu bisa menggunakan rice cooker saja. Karena, cara masak nasi liwet sama dengan memasak nasi biasa di rice cooker. Kamu cukup menambahkan air dan tambahkan santan supaya makin gurih.

Berikut tips masak nasi liwet di rice cooker supaya tidak gagal:

  • Gunakan Beras yang Pulen

Pastikan beras yang kamu gunakan jenis beras pulen. Jika menggunakan beras yang terlalu pera, hasilnya akan kering dan tidak enak.

  • Sebaiknya Menumis Bumbunya Terlebih Dahulu

Bumbu yang digunakan dalam membuat nasi liwet antara lain bawang putih, bawang merah, kencur, serai dan daun salam. Dan sebaiknya untuk bawang putih dan merah ditumis terlebih dahulu, supaya memiliki aroma bumbu yang khas dan harum.

| Simak Juga:

Tips dan Cara Memasak Bawang Goreng yang Renyah

  • Gunakan Santan yang Encer

Sebenarnya untuk membuat nasi liwet ada yang tidak menggunakan santan juga, kedua resep sama-sama enak jadi tergantung selera saja. Nah, buat kamu yang memasak nasi liwet dengan santan. Sebaiknya menggunakan santan encer, jika santan terlalu kental nanti rasa dari nasi liwet akan mirip dengan nasi uduk.

  • Gunakan Rice Cooker yang Anti Lengket

Supaya nasi liwet terjaga matang dengan sempurna, sebaiknya menggunakan rice cooker yang anti lengket. Jika menggunakan rice cooker yang mudah berkerak, maka bisa timbul bau gosong dari dasar nasi. Nasi liwet akan lebih keras.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Resep Sebelumnya Resep Selanjutnya