Tips dan Cara Membuat Bawang Goreng Renyah

30 November 2020Syilvia Tjhia

Bawang goreng sebagai salah satu pelengkap makanan yang kerap ditambahkan dalam makanan seperti bakso, nasi uduk, soto. Tekstur bawang goreng yang renyah serta aromanya yang harum dapat menambah cita rasa pada makanan. Dalam mengolah bawang goreng jika salah, bisa membuat teksturnya lembek, rasanya pahit jika gosong dan berminyak. Tidak perlu khawatir Admin akan berbagi tips-tipsnya dibawah ini!

Gunakan Bawang Merah dengan Kualitas Terbaik


Sebaiknya gunakan bawang merah dengan ukuran besar atau sedang dengan tampilang yang masih segar. Jangan pakai bawang merah yang cenderung berair dan layu, karena akan mempengaruhi hasil bawang goreng diakhir nanti.

Mengiris Bawang


Usahakan dalam mengiris bawang merah harus setipis mungkin, bisa menggunakan pisau yang tajam atau bisa juga dengan bantuan slicer. Supaya mendapatkan irisan bawang yang sama. Bawang yang diiris terlalu tebal bisa membuat tekstur bawang goreng menjadi lembek. Sebaliknya jika mengiris bawang dengan tipis bisa membuat bawang cepat kering dan renyah.

Rendam dengan Garam dan Tambahkan Tepung Maizena


Setelah memotong bawang merah, sebaiknya direndam terlebih dahulu dengan garam selama 30 menit. Dengan takaran 1 sdm garam dan 1 liter air, lalu tiriskan setelah 30 menit. Nah, setelah ditiriskan taburi sedikit tepung maizena agar bawang goreng terasa renyah ketika digoreng. Takarannya 1 sdm tepung maizena untuk 1 kilogram bawang merah. Sebelum digoreng taburkan dan tunggu selama beberapa menit.

Minyak Goreng Harus Panas


Sebelum menggoreng bawang merah, pastikan minyak goreng sudah panas. Jangan lupa dengan api kecil, supaya tidak gosong. Selama menggoreng aduk sekali-kali agar matangnya merata. Angkat dan tiriskan bawang goreng jika warnanya sudah keemasan.

Menyimpan Bawang Goreng


Tips terakhir, setelah menggoreng bawang. Tiriskan hingga minyak turun semua, simpan bawang goreng dalam wadah yang kedap udara supaya lebih awet.

Itulah beberapa tips dan cara membuat bawang goreng supaya renyah dan enak. Semoga bermanfaat.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Resep Sebelumnya Resep Selanjutnya