Tips Membuat Lapis Legit Supaya Tidak Gagal

19 November 2020Syilvia Tjhia

Membuat lapis legit bisa dibilang cukup susah ya, butuh kesabaran agar tidak gagal. Sebelum kamu membuat lapis legit, mendingan simak tips membuat lapis legit supaya tidak gagal nantinya. Sayang sekali jika gagal karena bahan-bahan membuat lapis legit cukup banyak.

Berikut beberapa tips membuat lapis legit yang wajib kamu ketahui.

Penggunaan Mentega

  • Untuk mentega jangan mengocok terlalu lama karena bisa menyebabkan mentega lumer dan sehingga bisa memperngaruhi tektur kue. Jika kamu menggunakan mixer kenwood cukup 5 menit dan jika menggunakan hand mixer cukup 7 menit saja. Sebaiknya mentega dibekukan terlebih dahulu dan dipotong kecil, dengan cara ini bisa membantu mentega supaya tidak cepat meleleh karena panas yang ditimbulkan saat pengocokan mentega.

Penggunaan Telur

  • Pastikan telur yang digunakan masih segar, untuk mengecek telur masih segar yaitu kuning telur masih bulat utuh dan putih telurnya kental.
  • Jika kamu menggunakan teknik pemisahan putih telur. Ketika mengkocok telur, pastikan hingga benar-benar kental dan putih. Kocok hingga kurang lebih 12-15 menit dengan kecepatan tinggi.

Penggunaan Tepung Terigu

  • Gunakan tepung terigu yang protein rendah, diayak terlebih dahulu hingga 2x supaya tidak terjadi penggumpalan.
  • Pastikan tepung terigu tercampur rata dengan bahan lainnya seperti telur. Nah, jika masih takut tepung menggumpang. Saat menambahkan tepung terigu kedalam adonan telur dan mentega, bisa ayak tepung terigu terlebih dahulu.
  • Proses pencampuran adonan antara lain: mentega-kuning telur-tepung secara sedikit-sedikit. Sebaiknya mentega dan telur tidak dimasukan secara bersamaan jadi dibagi menjadi beberapa tahap.

Teknik Memanggang

  • Panaskan oven terlebih dahulu sebelum memanggang. Karena, dalam memanggang lapis legit suhu oven harus tinggi. Panaskan dulu di suhu kurang lebih 200 ° C. Dan turunkan kembali menjadi 180 ° C saat mulai memanggang adonan.
  • Untuk membuat lapisan lapis legit, tiap 5 menit keluarkan dan ditekan-tekan adonan dengan penekan khusus(oleskan mentega pada alat penekan) dan tambahkan kembali adonan. Lanjutkan hingga adonan habis.
  • Jika saat memanggang adonan timbul gelembung, segera kamu kempiskan bisa menggunakan tusuk sate atau lidi.

Itulah beberapa tips membuat lapis legit anti gagal, semoga bermanfaat.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Resep Sebelumnya Resep Selanjutnya