Tips Cara Menyimpan Mentega, Agar Tidak Mudah Rusak!

19 Maret 2021Syilvia Tjhia

Mentega merupakan salah satu bahan kue yang sangat penting. Selain menjadi bahan kue, mentega juga sering digunakan untuk menjadi bahan makanan. Mentega ditambahkan kedalam masakan akan menambah rasa gurih dan aroma lezat. Mentega sendiri cara penyimpannnya harus dengan tepat supaya tidak cepat rusak, nah agar tidak cepat rusak kamu harus memperhatikan beberapa tips berikut.

Jangan khawatir, berikut ada beberapa tips cara menyimpan mentega yang baik:

Pilih Mentega dengan Kualitas Terbaik

Sebenarnya hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah kualitas dari mentega itu sendiri. Pastikan sejak awal kamu membeli mentega, kualitas mentega tersebut baik. Jangan lupa selalu mengecek tanggal kadaluwarsa, sehingga kamu bisa simpan dan dapat digunakan untuk waktu yang cukup lama.

| Baca Juga: Tips Membuat Bawang Goreng Renyah

Simpan Mentega Asin di Suhu Ruangan

Mentega asin bisa disimpan di suhu ruangan, karena kandungan garam bisa menjadi alasan utama dalam bertahan di suhu ruangan. Sedangkan mentega tawar atau unsalted butter jika disimpan dalam suhu ruangan hanya bisa bertahan sebentar saja. Namun, untuk mentega asin jika disimpan terlalu lama di suhu ruangan sebaiknya cek kembali sebelum digunakan, jangan digunakan jika sudah mengeluarkan bau menyengat.

Hindari Cahaya Matahari

Cara menyimpan mentega selanjutnya, bisa menyimpan mentega dalam kantong plastik atau wadah yang tertutup atau kedap udara. Usahakan mengeluarkan udaranya terlebih dahulu, baru simpan kedalam freezer atau lemari es. Hindari paparan cahaya matahari karena bisa membuat mentega menjadi rusak dan tengik. Selain itu kamu juga bisa menggunakan kertas alumunium lalu membungkus dan baru disimpan di lemari es.

| Baca Juga: Tips Membuat Bakpao yang Lembut

Simpan Mentega dengan Suhu yang Sejuk

Selain menyimpan dalam freezer, bisa juga disimpan dengan suhu yang sejuk. Suhu disekitar 21-25 derajat celcius, namun lebih baik simpan mentega dalam freezer.

Cukup mudahkan cara menyimpan mentega? Dengan tips ini kamu tidak perlu khawatir menyetok mentega dalam jumlah yang banyak sekaligus.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Resep Sebelumnya Resep Selanjutnya