Rekomendasi Beberapa Jenis Keju Sehat

18 Maret 2021Syilvia Tjhia
Jenis Keju yang Sehat

Keju merupakan produk susu yang memiliki rasa dan ratusan tekstur yang berbeda. Berbicara tentang keju tentu banyak sekali jenisnya, tergantung dari jenis susu yang digunakan, proses pembuatan dan lamanya fermentas keju. Dari beragam jenis keju yang kamu ketahui, ada beberapa produk keju yang dianggap sehat karena kandungan lemak dan kolestrolnya yang rendah.

Berikut daftar jenis keju yang sehat:

Keju Mozarella

Jenis Keju Sehat

Mozzarella terbuat dari susu sapi atau kerbau, jenis keju ini berasal dari Italia. Kandung pada keju mozzarella dalam 28 gram adalah kalori 85, lemak 6 gram, protein 6 gram, sodium 176 mg – 7% memeuhi kebutuhan harian, karbohidrat 1 gram dan kalsium 14%. Kandungan tersebut menunjukan mozzarella lebih rendah kalori dan rendah natrium dibandingkan keju lainnya.

| Baca Juga: Rekomendasi 4 Merk Butter dengan Kualitas Terbaik

Keju Cheddar

Jenis Keju Sehat

Keju cheddar merupakan keju yang paling mudah ditemui di Indonesia. Terbuat dari susu sapi yang sudah matang selama berbulan-bulang dan untuk segi warna keju cheddar ada yang warna putih dan juga kuning. Dalam 100 gram keju cheddar terdapat kandungan 24 gram protein dan 451 kalori, dan kandungan sodium mencapai 27% dari kebutuhan harian. Selain kaya akan protein, keju cheddar juga sumber vitamin K yang baik terutama vitamin K2.

Tetapi buat kamu yang mempunya penyakit obesitas, jantung dan stroke. Sebaiknya membatasi atau mengurangi konsumsi keju cheddar. Nah, keju cheddar yang sehat cocok untuk anak-anak dalam masa pertumbuhan, karena kalsium tingginya dapat membantu pembentukan tulang yang kuat.

Keju Biru atau Blue Cheese

Keju biru atau blue cheese dan sering disebut juga keju gorgonzola, termasuk kedalam jenis keju sehat lho. Keju biru terbuat dari susu kambing, sapi dan domba yang diolah dengan kultur penincillium. Keju ini memiliki aroma yang khas dengan rasa yang tajam, namun untuk kandungan gizi dari blue cheese memiliki kalsium yang lebih banyak dibandingkan keju lainnya.

| Baca Juga: Rekomendasi Buah untuk Sebagai Pewarna Alami

Keju Kambing atau Goat Cheese

Keju kambing juga dikenal sebagai chèvre, adalah keju yang tajam dan lunak terbuat dari susu kambing. Susu kambing memiliki asam lemak rantai yang sedang daripada susu sapi. Meski di Indonesia keju ini tidak terlalu popular, namun keju ini termasuk jenis keju yang sehat.

Itulah beberapa jenis keju yang sehat, namun harus dikonsumsi dengan batas yang sewajarnya dan jangan terlalu berlebihan ya. Semoga bermanfaat.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Resep Sebelumnya Resep Selanjutnya