Menu Makanan Sehat untuk Sahur

16 April 2021Syilvia Tjhia
menu sahur

Siapa disini yang masih melanjutkan program hidup sehat atau diet, walaupun sedang puasa? Mungkin kamu salah satunya! Nah, buat kamu yang menjalankan ibadah puasa tapi masih tetap melanjutkan diet. Karena, beranggapan bahwa menjalankan puasa bersamaan dengan diet akan lebih membantu penurunan berat badan yang drastis. Eits, jangan salah lho. Justru jika tidak mengontrol makanan saat sahur maupun berbuka puasa malah akan mengalami kenaikan berat badan.

Berikut beberapa makanan sehat untuk menu sahur yang sehat dan cocok untuk diet:

Karbohidrat

Supaya dapat menahan lapar lebih lama, kamu pasti membutuhkan asupan karbohidrat. Kamu bisa menggantikan nasi putih kamu menjadi nasi merah, atau juga bisa dengan kentang maupun ubi. Nasi merah juga cocok untuk dijadikan menu sahur bagi penderita diabetes lho.

Lemak Sehat

Jangan kaget ya ketika mendengar lemak. Sebenarnya ada lemak yang sehat untuk kita konsumsi lho dan sangat berguna untuk tubuh. Lemak sebagai sumber energi yang baik untuk tubuh, namun tidak semua lemak itu bagus untuk tubuh ya. Lemak yang sehat berasal dari buah alpukat dan juga diminyak zaitun.

| Baca Juga: Resep Es Timun Serut untuk Buka Puasa

Protein

menu sahur

Menu sahur yang sehat dan cocok untuk diet adalah makanan yang mengandung protein. Protein pada tubuh dapat memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan bisa meningkatkan sistem kekebalan pada tubu sehingga tidak mudah terserang penyakit.Beberapa protein seperti tempe, kacang kedelai, kacang hijau, kacang merah dan tahu bisa kamu jadikan menu sahur yang sehat.

Buah-Buahan & Sayuran

menu sahur

Yang tidak boleh dilewatkan adalah makanan yang mengandung sayuran serta buah-buahan segar. Karena, buah-buahan dan sayuran mengandung vitamin, mineral dan serat yang dibutuhkan tubuh. selama berpuasa tubuh pasti sangat membutuhkan mineral, serat dan vitamin yang cukup supaya kuat. Pastikan mengonsumsi setiknya 2 porsi buah dan sayur saat sahur.

| Baca Juga: 6 Menu Praktis, Enak untuk Buka Puasa

Ingat, menu sahur dan berbuka harus memiliki gizi seimbang dan rendah kalori baru bisa membuat kamu berat badannya turun. Jangan ketika sahur menunya sehat namun buka puasa menu makanan mulai dari kue yang memakai bahan kue berminyak, gorengan, lontong, minuman manis lainnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Resep Sebelumnya Resep Selanjutnya