Membuat Kue Tanpa Oven dan Mixer? Berikut Tipsnya.

4 Mei 2021Syilvia Tjhia
kue lebaran

Siapa yang pernah niat untuk membuat kue lebaran, tapi tidak memiliki alat seperti oven dan mixer?. Jangan khawatir karena kamu tetap bisa membuat kue dengan resep kue yang tidak menggunakan mixer maupun oven. Supaya tidak gagal, mari simak tips-tips membuat kue tanpa menggunakan oven dan mixer:

Bahan-Bahan Dalam Suhu Ruangan

Bahan kue seperti telur, mentega, susu harus didiamkan terlebih dahulu hingga bersuhu ruangan. Tujuannya supaya lebih mudah dicairkan dan akan meminimalisir kemungkinan kue akan bantet. Karena, adonan menjadi tidak kaget saat dimasukan kedalam pemanas dengan perbedaan suhu yang dratis.

| Baca Juga: Resep Brownies Kurma

Pastikan Panci Kukusan atau Wajan Bersuhu Panas

Sebelum mengkukus adonan sebaiknya panaskan panci terlebih dahulu dengan api sedang. Setelah air mendidih kecilkan api dan baru masukan adonan kedalam panci pengukus.

Kurangi Penggunaan Telur

Menggunakan telur memang bisa dijadikan sebagai pengembang alami dengan cita rasa khas dan aromanya. Tetapi menggunakan telur harus dikocok sampai sempurna, jika tidak akan membuat adonan menjadi berbau abis khas telur. Jadi kalau kamu tidak menggunakan mixer dalam mencampur telur, sebaiknya kurangi penggunaan telur. Untuk bahan pengembang bisa kamu gunakan baking powder supaya kue lebih mengembang sempurna.

| Baca Juga: Resep Japanese Cheese Cake yang Super Lembut

Haluskan Terlebih Dahulu Bahan Padat Sebelum Dimasukan Kedalam Adonan

Jika kamu tidak memiliki mixer, sebaiknya bahan kue seperti mentega, cokelat harus dilelehkan terlebih dahulu. Supaya bahannya mudah diaduk dengan whisk atau spatula. Bahan kering seperti tepung bisa kamu ayak terlebih dahulu supaya lebih halus dan mudah dicampur dengan bahan lain.

Nah, tidak perlu bingung dan khawatir lagi mau membuat kue lebaran. Tapi tidak memiliki alat seperti oven dan mixer. Semoga bermanfaat!

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Resep Sebelumnya Resep Selanjutnya