Cara Membuat Macarons Coklat Homemade

26 Desember 2018Desiana Prasetya

Cara Membuat Macarons Coklat – Suka dengan cake manis? Jika iya jangan lewatkan resep macarons coklat dari Tokowahab.com kali ini. Terbuat dari bahan kue yang mudah ditemui dan terjangkau dimana-mana sehingga siapapun dapat membuatnya sendiri di rumah.

Untuk isian atau fillingnya kita akan menggunakan chocolate atau coklat ganache yang memiliki rasa khas yang nikmat. Sehingga cocok dan nikmat sekali dipadukan dengann cake yang lembut.

Baca Juga : Cara Membuat Banana Cake Yang Enak dan Lezat

Anda dapat menyajikan macarons untuk camilan keluarga saat bersantai, atau bisa juga untuk sajian di acara-acara special seperti Hari Raya Idul Fitri dan Juga Natal.

Selain macarons coklat, Anda juga dapat mengkreasikan adonan dengan pasta atau pewarna makanan warna-warni agar tampilan macarons menjadi semakin cantik dan menarik sehingga semakin disukai anak-anak.

Untuk lebih jelas, yuk di simak bahan-bahan dan cara membuatnya seperti berikut ini.

          Simak Juga : Cara Membuat Donat Ubi Yang Empuk

Resep dan Cara Membuat Macarons Coklat Homemade

Cara Membuat Macarons Coklat
Cara Membuat Macarons Coklat – Credit : @inovpelawi

Chocolate Ganache Filling :

  • 120 gram heavy cream
  • 120 gram bitter sweet chocolate, serut
  • 14 gram unsalted butter

Cara Membuat Chocolate Ganache :

  1. Panaskan fresh cream dengan menggunakan api kecil sampai mendidih di bagian pinggirnya, matikan api lalu masukkan coklat, biarkan 1 menit hingga coklat meleleh, aduk hingga rata.
  2. Masukkan butter, aduk kembali.
  3. Dinginkan sebelum digunakan sebagai filling macaron.

Bahan-bahan Macarons :

  • 125 gram gula halus
  • 50 gram tepung almond
  • 25 gram unsweetened cocoa powder
  • 66 gram putih telur, suhu ruang
  • sejumput garam
  • 75 gram gula pasir

Cara Membuat Macarons Coklat :

  1. Pertama-tama campur gula halus, tepung almond dan cocoa powder, blender sebentar lalu saring, sisihkan.
  2. Selanjutnya kocok putih telur dengan menggunakan mixer. Gunakan speed rendah hingga muncul buih masukkan sejumput garam, kocok kembali.
  3. Setelah berbusa naikkan speed perlahan-lahan, masukkan gula pasir bertahap (3x), tiap tahannya naikkan speednya. Kocok hingga adonan putih telur berjambul lurus kurang lebih selama 7 menit.
  4. Masukkan campuran tepung almond, gula halus dan cocoa powder ke adonan putih telur secara bertahap. Aduk dengan spatula perlahan-lahan hingga rata. Jangan terlalu banyak mengaduk agar adonan tidak cair.
  5. Selanjutnya masukkan ke piping bag, semprotkan ke loyang yang sudah dialasi baking paper.
  6. Hentakan-hentakkan loyang perlahan agar gelembung-gelembung udara diadonan keluar, rapikan gelembung-gelembung udara dengan tusuk gigi.
  7. Lalu diamkan adonan macaron kurang lebih selama 30-50 menit (tergantung suhu ruangan) atau hingga permukaan macaron kering ketika disentuh.
  8. Panggang di oven yang telah dipanaskan sebelumnya dengan suhu 170-180 derajat sekitar 10-15 menit atau hingga kaki macaron terlihat dan matang (ini sangat tergantung dari oven yang digunakan).
  9. Dinginkan macaron baru isi dengan chocolate ganache sesuai selera.
  10. Sajikan.

2 Comments

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Resep Sebelumnya Resep Selanjutnya