Tips Menggoreng Makanan Supaya Lebih Sehat

8 Juli 2020Syilvia Tjhia

Hayo, siapa yang doyan makan makanan yang digoreng? Gorengan merupakan salah satu makanan yang banyak disukai karena teksturnya yang crunchy serta banyak pilihan. Gorengan biasanya dijadikan camilan untuk makanan pendamping maupun camilan, ketika lagi santai dan juga biasanya ada yang konsumsi sebagai sarapan lho.

Tapi sayangnya gorengan termasuk makanan yang tidak sehat karena ada beberapa makanan goreng yang memiliki kandungan kolesterol yang tinggi. Nah, kolesterol tersebutlah dapat meningkatkan resiko terkena stoke hingga serangan jantung. Ada beberapa tips menggoreng makanan, supaya lebih rendah kolesterol. Simak selengkapnya dibawah ini!

Gunakan Minyak Bersih

Ketika kita menggoreng menggunakan minyak yang masih baru atau bersih, kadar kolesterol pada makanan yang digoreng berada dilevel aman untuk dikonsumsi. Jadi hindari penggunaan minyak yang telah berulang kali dipakai. Karena, minyak yang sudah berkali-kali digunakan tidak memiliki kandungan gizi seperti pada minyak baru.  Kandungan lemak transnya lebih tinggi, hal inilah yang tidak baik untuk kesehatan.

Gunakan Teknik Air Fryer

Akhir-akhir ini sedang nge-tren alat yang bisa menggoreng makanan tanpa minyak. Bahkan pakar gizi dan diet asal New York yaitu Natalie Rizzo, R.D mengatakan bahwa menggoreng menggunakan air fryer lebih sehat dibandingkan penggorengan biasa.

Goreng Makanan Ketika Minyak Sudah Panas

Ketika menggoreng makanan sebaiknya sabar menunggu minyaknya panas terlebih dahulu. Supaya gorengan lebih cepat matang dan kering dan makanan yang digoreng tidak menyerap kolesterol yang banyak dari minyak.

Gunakan Tepung Pada Adonan

Nah, buat kamu biasanya menggunakan tepung terigu yang serba guna. Coba deh mulai ganti ke tepung yang lebih sehat seperti tepung jagung atau tepung beras karena jenis tepung tersebut bebas gluten. Sedangkan tepung terigu terdapat gluten yang dapat meresap minyak sehingga tidak bagus atau tidak sehat untuk tubuh.

Jangan Langsung Dikonsumsi

Sebaiknya makanan yang sudah digoreng jangan langsung dikonsumsi ya. Kamu wajib meniriskan minyak sampai benar-benar gorengan tersebut bebas minyak. Angkat gorengan lalu tiriskan di tissue yang mampu menyerap minyak.

Itulah beberapa tips goreng makanan yang sehat untuk kamu bisa praktekkan. Semoga Bermanfaat ya.

Image: bolakeluarga.com

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Resep Sebelumnya Resep Selanjutnya