Tips Memasak Cumi Supaya Tidak Alot

17 Mei 2020Syilvia Tjhia

Memasak cumi terkadang gampang-gampang susah. Karena makanan laut biasanya memiliki tekstur yang kenyal sehingga membutuhkan teknik yang pas ketika diolah. Nah, cumi-cumi jika diolah terlalu lama biasanya akan menjadi alot dan jika dimasak terlalu sebentar aroma amis akan sangat terasa. Memang tidak begitu mudah ya dalam mengolah cumi-cumi. Berikut ada beberapa tips buat kamu cara mengolah cumi-cumi dengan baik:

Milih cumi yang Tepat

Cara memilih cumi yang tepat bisa dilihat dari segi warna kulit cumi yang masih putih kelabu dan ada bintik-bintik merah. Hindari cumi yang sudah berwarna ungu tua untuk warna kulit arinya. Pilih juga cumi yang masih kenyal ketika ditekan oleh jari, kepala dan tubuh cumi masih menyatu dan masih mengeluarkan tinta yang banyak. Usahakan selalu memilih cumi yang masih segar, tapi jika kamu membeli cumi yang sudah dibekukan. Pilihlah cumi yang warnanya belum berubah dan hindari memilih cumi yang terdapat bercak hitam pada bagian tubuhnya.

Menghilangkan Amis dari Cumi

Untuk menghilangkan amis dari cumi-cumi bisa dengan air jeruk nipis atau urapan jahe parut,bisa juga ketika masak bisa ditambahkan daun jeruk dan irisan jahe.

Membersihkan Cumi

Dalam membersihkan cumi kamu harus mencabut tulang rawan yang menempel pada kulit bagian dalam cumi, serta kantung tinta jika tidak ingin memasak bersama tintanya. Untuk tampilan cumi yang putih kamu bisa melepaskan kulit arinya.

Memasak Cumi

Mungkin banyak diantara kita yang masih bingung dalam memasak cumi yang tepat. Ternyata memasak cumi tidak begitu susah, yang penting dalam masak kamu harus memastikan waktu yang tepat. Dalam memasak cumi agar tidak alot, hanya butuh sekitar 3 menit saja. Jika terlanjur melebihi 3 menit maka kamu harus teruskan memasak hingga 20-30 menit agar kembali empuk. Selanjutnya jika sudah matang direbus cumi langsung masukan ke air gdingin agar keempukan cumi tetap terjaga. Nah, kalau kamu memasak cumi dengan dihidangan bersama kuah atau sup. Masak cuminya secara terpisah dengan bahan lain agar cumi tidak alot.

Nah, itulah beberapa tips memasak cumi dengan baik agar tidak alot. Selamat Mencoba!

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Resep Sebelumnya Resep Selanjutnya