Cara Mengatasi Kekhawatiran Bisnis Kuliner di Wabah Corona

19 Mei 2020Syilvia Tjhia

Beberapa bulan terakhir, dunia dihebohkan dengan virus Covid-19 yang berasal dari China yang telah tersebar ke banyak negara di dunia termasuk Indonesia. Oleh karena itu, beberapa sektor mengalami kelumpuhan salah satunya bisnis F&B berdampak paling besar diantara bisnis ritel dan service.

Banyak perusahaan yang tutup namun ada yang menerapkan work from home di beberapa kota Indonesia demi menekan penularan virus corona. Kondisi tersebut menjadi pukulan yang tidak bisa dihindari oleh banyak sektor usaha.

Ada beberapa cara untuk bisnis kamu bertahan di wabah corona sebagai berikut:

  1. Pengiriman secara online

Agar bisnis tetap bertahan, sebaiknya usaha kuliner kamu menerapkan pengiriman secara online karena banyak pelanggan yang memilih untuk di rumah saja. Dengan menerapkan pengiriman secara online bisa membantu dan memudahkan pelanggan kamu, untuk tetap bisa menikmati santapan dari restoran kamu tanpa harus keluar dari rumah.

  1. Komitmen

Wabah corona bisa dibilang mempersulit perkembangan bisnis kuliner kamu. Namun, percayalah ini saat yang tepat untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan. Yakinkan pelanggan bahwa bisnis kamu berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan mereka. Bagaimana caranya? Seperti yang dibahas di point pertama terapkanlah sistem pengiriman online.

  1. Manfaatkan Social Media

Keberadaan social media harus dimanfaatkan secara maksimal untuk mempromosikan bisnis kuliner kamu. Promosi melalui social media biayanya sangat terjangkau loh, yang harus kamu perhatikan adalah konten yang menarik untuk dilihat oleh pelanggan.

  1. Pembayaran Non Tunai

Nah, apabila masih ada pelanggan yang mampir ke tempat usaha kuliner kamu. Untuk meminimalisir resiko terkena dampak wabah corona ke karyawan maupun pelanggan lainnya, kamu harus terapkan pembayaran non tunai. WHO mengatakan bahwa ada kemungkinan virus corona bisa menular melalui uang tunai, karena uang tunai berpindah-pindah tangan dan bisa menjadi sarang virus maupun bakteri.

  1. Potongan Harga

Terakhir, yuk kita sebagai sesama manusia saling berbagi untuk memberikan potongan harga atau diskon produk tertentu kepelanggan. Banyak loh pembisnis yang menerapkan sistem ini untuk saling berbagi, contohnya bisa menerapan beli 1 gratis 1 atau potongan harga.

Nah, itulah beberapa cara agar bisnis kuliner kamu tetap bertahan saat wabah corona. Semoga kita semua dapat melewati masa-masa sulit dan bersama bisa memajukan perekonomian Indonesia lebih baik. Tetap semangat ya Teman Wahab.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Resep Sebelumnya Resep Selanjutnya