Brownies Panggang

13 Mei 2017TokoWahab.com

Serves: 1 loyang

Prep time: 20 menit

Cook time: 35 menit

Bagi Anda penggemar berat coklat, resep brownies panggang lembut ini bisa Anda praktekkan di rumah. Selain praktis dan cepat, resep brownies panggang ini sangatlah lezat dan nikmat. Brownies sangat cocok dihidangkan di segala suasana, baik untuk disantap keluarga sendiri maupun sebagai jamuan tamu yang bertamu ke rumah. Apalagi sebentar lagi bulan puasa dan lebaran, brownies cocok sekali dihidangkan di tengah-tengah hangatnya berkumpul bersama sanak saudara.

Brownies panggang menjadi tren kue bolu yang cukup populer beberapa tahun terakhir ini. Banyak merk ternama mengandalkan usahanya pada penjualan brownies sebagai menu andalan. Beberapa memiliki tekstur yang biasa, namun beberapa terasa lebih legit dan chewy. Bagaimana dengan selera Anda?

Kali ini Tokowahab ingin berbagi resep brownies panggang yang lembut, lumer dan legit di lidah. Dengan rasa dan aroma coklat yang begitu mendominasi, resep brownies panggang ini dipastikan tidak akan bertahan lama, alias laris dilahap siapa saja yang mencicipinya. Dengan tambahan kacang mede cincang pada adonannya, brownies panggang ini terasa lebih istimewa. Namun Anda boleh saja tidak menambahkan apa-apa, atau menggantinya dengan kacang almond, atau walnut sesuai dengan selera.

coklat blok colatta

Rp. 72.500

keju cheddar prochiz

Rp. 14.500

coklat bubuk bensdorp

Rp. 64.000

Resep brownies panggang ini menggunakan dua jenis coklat yakni coklat blok dan coklat bubuk. Mengapa? Tentunya agar rasa coklat pada brownies begitu kuat dan semakin nikmat. Kualitas dari coklat blok dan coklat bubuk sangatlah menentukan rasa dan aroma dari brownies yang Anda buat. Untuk itu, pilihlah coklat yang benar-benar berkualitas dan bermutu.

Jika Anda menyukai sedikit aroma kopi dalam brownies, Anda bisa menambahkan sedikit kopi bubuk ke dalam adonan bersamaan dengan coklat bubuk yang Anda tuang. Bahan-bahan lainnya seperti mentega atau margarine, tepung terigu, telur, ekstrak vanila dan keju cheddar sangat mudah didapat dengan harga yang relatif terjangkau.

Untuk topping, Anda bisa menggunakan keju cheddar parut dan buah strawberry segar. Selain itu, coklat chips dan meses juga bisa Anda gunakan untuk semakin mempercantik penampilan brownies.

Proses pemanggangan sebaiknya dilakukan dengan api atas dan bawah, agar brownies lebih cepat matang namun tetap lembut dan lumer di dalam. Pemanggangan yang terlalu lama menyebabkan brownies menjadi keras seperti cookies. Untuk itu, perhatikanlah waktu memanggang ya!

Print Resep

Brownies Panggang

  • Serves: 1 loyang
  • Prep time: 20 menit
  • Cook time: 35 menit
Brownies identik dengan rasa coklat yang kuat dan aroma coklat yang menggugah selera. Teksturnya agak garing di luar namun tetap lembut, lumer dan chewy di dalam. Dengan tambahan potongan kacang mede dan topping keju serta kacang mede cincang, brownies terasa lebih istimewa.

Bahan-Bahan

  • 140 gram coklat blok (lelehkan bersamaan dengan mentega/margarine)
  • 15 gram Coklat Bubuk
  • 113 gram mentega/margarine
  • 2 butir Telur (ukuran sedang)
  • 150 gram Gula Pasir
  • 95 gram tepung terigu serbaguna
  • 1 sdt Ekstrak Vanila
  • 1/4 sdt Garam
  • 100 gram Keju Cheddar (parut)
  • 100 gram Kacang Mede (cincang)

Instruksi

  • Panaskan oven pada suhu 170'C. Siapakan loyang berukuran 20 cm, olesi dengan margarine dan kertas baking
  • Letakkan coklat blok dan mentega/margarine ke dalam panci kecil. Masa di atas panci berisi air mendidih (metode tim) dengan api kecil hingga coklat dan mentega meleleh dan bercampur sempurna. Angkat.
  • Masukkan gula dan coklat bubuk, aduk rata.
  • Masukkan ekstrak vanila dan telur satu per satu. Aduk hingga rata.
  • Masukkan tepung terigu, garam dan cincangan kacang mede sesuai selera.
  • Tuang adonan ke dalam loyang, taburi dengan keju parut dan kacang mede cincang.
  • Panggang ke dalam oven selama kurang lebih 35 menit hingga matang. Keluarkan dari oven, biarkan dingin.
  • Brownies siap dihidangkan.

12 Comments

  • Mia

    23 November 2017 at 07:59

    Sudah coba,enak sih,,, tapi manis sekali. Kalo aku sih Bilang, dengan bahan dasar coklat, lebih baik gulanya dikurangi. Karna Tidak seimbang dengan terigu nya yang sedikit. Tapi good recipe

  • Nunung

    17 Desember 2017 at 16:21

    Untuk mentega/margarin dan coklat blok serta bubuk pakai merek apa ya (yang berkualitas dan rasanya enak)?

    1. TokoWahab.com

      5 Januari 2018 at 06:15

      Bisa pakai merek Anchor untuk mentega dan coklat bubuk bisa pakai Bensdorp. mungkin ibu bisa liat di toko online kami. http://www.tokowahab.com

      Terimakasih

  • Tr

    10 Januari 2018 at 00:58

    Mba ini ga pakai mixer yah berarti, cuma diaduk biasa..

    1. Celeena

      23 Juli 2018 at 05:15

      Hai mbak Tr, salam kenal.
      Untuk brownies panggang saya pernah pakai mixer tapi hasilnya malah seperti bolu ngembang sedangkan brownies adalah kue bantat. Atasnya memang harus garing enak, tapi bawah mestinya bantat. Jadi lebih baik pake whisk sj buat kocok telor dan gula halusnya

  • Tr

    10 Januari 2018 at 01:00

    AIrnya segimana berarti mba?

  • Tuti

    26 Juni 2018 at 11:11

    Sy udh coba buat, Hasilnya ternyata terlalu manis. Pdhal coklat padatnya udah sy kurangi jd 100gr. Mungkin gula pasirnya dibuat 80gr aja atau sama dgn terigu, tp hasil td anak sy tetap suka

  • Dewi Yanti

    20 September 2018 at 23:49

    Kenapa ya kl bernagi resep hasilnya tdk memuaskan…coklat terlalu banyak..gula jg terlalu banyak…saran saya kl mmg mau berbagi resep berbagilah yg benar…kl tidak, lebih baik jangan berbagi resep…

  • Mariyana

    6 Oktober 2018 at 15:11

    Itu telur d gula d margarin di mixser gk ya ?

  • Devy

    12 Desember 2018 at 11:42

    Mba Tuti, sebetulnya memasak brownies itu takaran gula tergantung selera, karena dari coklat padat juga sudah ada rasa manis, jadi tanpa gula putih juga sudah ada rasa manis dari coklat padat. Karena brownies itu identik dengan rasa coklat bukan rasa gula 🙂

  • Aprilianti

    6 Oktober 2019 at 19:25

    Resep ini sudah saya coba hasilnya enak..klg saya suka.

    1. Syilvia Tjhia

      18 Oktober 2019 at 10:02

      Hai Aprilianti,
      terima kasih reviewnya. semoga bermanfaat 🙂
      yuk cobain resep lainya dan posting di Instagram sertakan tag dan mention @tokowahabcom

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *