5 Jenis Roti Paling Populer di Dunia

16 Juni 2020Syilvia Tjhia

Tahukah kamu bahwa roti tidak hanya beberapa jenis saja seperti di Indonesia, yang kita kenal hanya roti tawar dan roti gandum. Di Indonesia nasi merupakan makanan pokok, Begitu juga dengan roti. Roti merupakan salah satu makanan pokok bagi beberapa negara di dunia. Kandungan kalori pada roti cukup untuk kebutuhan harian, roti juga kaya akan nutrisi baik untuk kesehatan tubuh.

Walaupun roti bukanlah makanan pokok di Indonesia, tetap saja banyak penggemar roti. Jika kamu salah satu penggemar roti, simak dibawah ini beberapa jenis roti yang populer di dunia.

Baguette

Foto: kingarthurflour.com

Baguette adalah roti yang berasal dari Prancis. Roti yang memiliki bentuk panjang dan bertekstur cukup keras, namun renyah jika dimakan. Baguette memiliki panjang hingga 60 cm, tidak heran roti baguette dijuluki roti tongkat. Cara penyajian roti baguette biasanya di iris tipis dan disajikan dengan aneka topping atau biasanya disajikan sebagai makanan pendamping sup. Kamu bisa dengan mudah menemukan roti satu ini di supermarket maupun toko roti khas Prancis.

Croissant

Foto: freepik.com

Satu lagi roti yang berasal dari Prancis yaitu Croissant. Bentuk croissant mirip dengan bulan sabit, roti ini dikenal pada saat tentara Prancis berhasil mengalahkan tentara Turki pada saat masa peperangan. Tekstur dari roti croissant sangat unik dan terdapat lapisan melinggar pada bagian dalamnya. Roti satu ini sangat mudah retak ketika kamu menekan bagian atasnya. Croissant biasanya disajikan dengan cara dioleskan mentega maupun selai buah.

Bagel

Foto: foodimentary.com

Bagel merupakan roti yang berasal dari Polandia, Eropa Timur. Ada yang bilang jenis roti bagel mirip dengan donat tapi untuk tekstur donat sedikit kenyal, lembut dan untuk tekstur bagel lebih kering serta renyah ketika digigit. Bagel terdapat dua jenis yakni Bagel Newyork dan Bagel Montreal. Bagel Newyork ada penambahan garam pada adonan serta lebih garing dibandingkan Bagel Montreal. Untuk bagel Montreal terbuat dari bahan campuran malt, telur dan madu lalu direbus dan dipanggang serta setelah matang biasanya ditaburi biji poppy atau biji wijen.

Crumpet

Foto: thedailyslowdown.com

Terakhir ada roti Crumpet, roti satu ini mirip dengan pancake dan berasal dari Inggris. Tekstur dari roti crumpet yaitu lembut dan lebih lembab, untuk membedakan pancake dengan crumpet adalah crumpet biasanya di fermentasi dahulu menggunakan ragi sedangkan untuk pancake tidak. Cara penyajian roti crumpret biasanya hanya di oleskan mentega atau krim.

Nah, Itulah beberapa jenis roti populer di dunia. Yang mana favorit kamu?

Source foto: popoptiq.com

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Resep Sebelumnya Resep Selanjutnya