5 Buah yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

17 Juni 2020Syilvia Tjhia

Selama pandemi Covid-19 sistem kekebalan tubuh kita atau sistem imun harus ditingkatkan. Karena, sistem tubuh yang kuat maka tubuh akan terlindungi dari berbagai serangan bakteri, virus, jamur, parasit dan tidak mudah jatuh sakit. Sebaliknya, jika sistem kekebalan tubuh kita sedang melemah maka virus, kuman dan lainnya akan sangat mudah masuk kedalam tubuh dan menimbulkan infeksi. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh bisa dilakukan dengan menjalankan pola makan yang sehat serta gaya hidup sehat.

Berikut ada beberapa buah yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh:

Jambu Biji

Foto: Lyndal Mcnamara

Buah jambu biji termasuk salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin C paling tingi jika dibandingkan dengan buah lainnya. Jambu biji mampu meminimalisir tubuh agar lebih sehat, sehingga dapat terhindar dari serangan virus, kuman dan lainnya.dalam 100 gram jambu biji mengandung 228,8 miligram vitamin C lho.

Pepaya

Foto: calories-info.com

Pepaya termasuk buah yang perperan sangat penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh supaya kuat. Dalam satu buah pepaya terdapat 224 persen vitamin C harian yan disarankan untuk tubuh manusia. Papain atau enzim pencernaan dalam pepaya memiliki efek anti-inflamasi. Kandungan antioksidan dalam pepaya juga mampu mengurangi peradangan, serta mengurangi tingkat stress.

Jeruk

Foto: PIXABAY

Vitamin C yang paling dipercaya dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Salah satu buah yang memiliki vitamin C yang tinggi adalah buah jeruk. Dalam satu buah jeruk mengandung 116.2 persen vitamin C yang disarankan untuk tubuh. Selain itu, dalam buah jeruk juga terdalam lebih dari 170 fitonutrien yang berbeda-beda dan lebih dari 60 flavonoid yang memiliki sifat anti-tumor, anti-inflamasi serta terdapat antioksidan yang tinggi atau kuat.

Kiwi

Foto: dok.medicalnewstoday

Buah kiwi kandungannya mirip dengan pepaya, buah kiwi juga dipercaya dapat membantu menjaga seluruh organ tubuh agar berfungsi dengan baik. Vitamin C pada buah kiwi berfungsi dalam meningkatkan sel darah putih agar melawan infeksi serta dapat menambahkan kekebalan pada tubuh.

Delima

Delima terdapat kandungan vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin E, vitamin K, protein, karbohidrat, serat dan folat. Buah yang berasal dari daerah Timur Tengah ini dipercaya mampu memperkuat imunitas kesehatan tubuh, jika kita konsumsi secara rutin.

Nah, itulah beberapa buah yang dipercaya dapat meningkatan kekebalan tubuh. Semoga bermanfat.

 

Source Foto: spiritual.com.au

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Resep Sebelumnya Resep Selanjutnya