Beberapa Hal Tentang Frozen Food Mitos atau Fakta Ya?

25 Juni 2020Syilvia Tjhia

Frozen food atau makanan beku merupakan makanan yang dibekukan, supaya makanan tetap awet dan tahan lama hingga siap disajikan. Makanan frozen food sangat membantu teman-teman yang sibuk akan rutinitas harian. Lama penyimpanan makanan beku antara lain untuk daging biasanya selama 6 bulan dalam lemari pembeku dan sedangkan untuk buah, sayuran bisa lebih dari 1 tahun. Dengan minimal suhu pendingin -18’C. Lama penyimpanan yang bisa awet dan lama dikarenakan suhu yang rendah membuat proses pembususkan pada makanan oleh bakteri jadi lebih lambat.

Kini frozen food sangat lagi hits, pasalnya dimasa panedmi sekarang ini. Makanan beku bisa menjadi alternatif untuk stok makanan, ketika sedang malas untuk memasak untuk keluarga tinggal keluarkan frozen food dari lemari pembeku dan tinggal dipanaskan atau digoreng dan proses lainnya. Pernah mendengar mitos-mitos tentang frozen food? Mari kita cari faktanya dibawah ini:

Nutrisi Pada Frozen Tidak Sebaik Makanan Fresh

Foto: klikdokter.com

Faktanya teknik pembekuan makanan terutama seperti buah dan sayur yang dipanen dalam keadaan sudah matang, sehingga nutrisinya sudah maksimal. Buah atau sayur yang sudah dibekukan dapat menjaga kandungan nutrisi agar tetap terjaga. Jadi itu hanya mitos belaka ya teman Wahab.

Makanan Beku yang Sudah Dikeluarkan Dari Lemari Pembeku, Wajib Dimasak Kembali Sebelum Disimpan kembali

Foto: medanbisnisdaily.com

Jika makanan beku kamu sudah berada diluar freezer atau berada di suhu ruangan lebih dari 2 jam. Maka, kamu harus memasak makanan beku tersebut terlebih dahulu. Nah, kalau suhu ruangan kamu berada disuhu yang dianggap tidak optimal sekitar 4-60’C. Pada suhu tersebut memungkinkan bakteri bisa berkembang biak, sebaiknya makanan yang sudah cair pada suhu tersebut tidak dibekukan kembali.

Semua Jenis Makanan Dapat Kita Bekukan

Foto: timesnownews.com

Faktanya, dari segi keamanan memang semua jenis makanan dapat kita bekukan. Namun, ada beberapa jenis makan yang tidak disarankan untuk dibekukan. Misalnya makanan kaleng, telur, kopi, selada air, minyak, krim dan lainnya. Jadi tergantung makanan ya, bisa dilihat dari segi rasa, tektur, kualitas.

Itulah TOP 3 mitos tentang frozen food, ternyata hanya mitos belaka ya. Semoga bermanfaat dan stay safe.

Photo: Getty images

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Resep Sebelumnya Resep Selanjutnya