Fakta Menarik Tentang Keju Mozarella

2 Juli 2020Syilvia Tjhia

Belakangan ini sedang hits makanan yang disajikan bersama mozarella. Berbagai jenis makanan seperti pizza, steak, pasta, mie, mentai dan lainnya. Awal mula nama mozarella diambil dari kata “moze” yang berarti  memotong dan “rella” berarti alang-alang. Karena proses pembuatan keju mozarella terbuat dari susu yang difermentasi dan dipotong berbentuk bulat menggunakan alang-alang. Pertama kali keju mozarella dibuat pada abadi ke-12 di Italia, saat itu terdapat banyak peternakan kerbau. Sehingga warga disana menggunakan susu kerbau untuk dijadikan bahan baku keju mozarella.

Buat kamu yang sebagai penggemar keju mozarella, sudah tahu belum tentang fakta keju mozarella?. Simak ya, berikut beberapa fakta tentang keju mozarella.

Terdapat 12 Jenis Keju Mozarella

Mozarella sendiri merupakan salah satu jenis keju, namun keju mozarella juga terdapat beberapa jenis lho. Keju mozarella ada 12 jenis yaitu mozarella curd, fresh mozarella, bocconcini, ovoline, perline, mozarella di bufala, burrata, stracciatella, shedded, string, smokode dan scamorza. Yang mana favorit kamu?.

Dibuat Dari Susu Kerbau

Keju mozarella dibuat dari susu kerbau, karena di Italia terdapat banyak peternak kerbau. Selain itu, susu kerbau dianggap lebih banyak mengandung protein dan lemak yang tinggi dibandingkan degnan susu sapi. Perbandingan 1 ton susu kerbau dapat menghasilkan sekitar 24 Kg keju mozarella, sedangkan untuk susu sapi hanya menghasilkan sekitar 13 Kg keju mozarella. Namun, untuk sekarang demi memenuhi kebutuhan peminat keju mozarella yang semakin tinggi. Kini mozarella sudah ada yang buat dari susu sapi.

Baik untuk Kesehatan Tulang

Karena keju mozarella terbuat dari susu, sudah pasti bahwa kandungan kalsium pada mozarella sangat banyak. Sehingga jika kita mengkonsumsi keju mozarella, maka manfaatnya baik untuk kesehatan tulang.

Cara Penyimpanan yang Baik

Keju mozarella sebaiknya disimpan dalam suhu ruangan atau disuhu berkisar 18 derajat. Karena, jika keju mozarella disimpan pada suhu yang terlalu rendah dapat merusak tekstur pada keju tersebut. Jika kamu menyimpan keju mozarella pada lemari es, sebaiknya dikeluarkan dahulu setidaknya kurang lebih 1 jam sebelum disajikan.

Itulah, beberapa fakta tentang keju mozarella. Semoga bermanfaat :).

Image: imgur.com

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Resep Sebelumnya Resep Selanjutnya