Tips dan Cara Memasak Iga Sapi

3 Juli 2020Syilvia Tjhia

Idul Adha sebentar lagi nih teman Wahab, Idul Adha merupakan puncak ibadah haji bagi umat muslim. Momen ini biasanya diperangi dengan salat ied dan penyembelihan hewan kurban. Hewan kurban biasanya harus hewan yang ternak seperti kambing, sapi, unta dan lainnya. Biasanya para penyembelih hewan kurban akan berbagi daging dan mengolah daging yang dibagikan. Nah, salah satu hewan kurban yaitu sapi merupakan salah satu hewan yang hampir seluruh bagian tubuh bisa kita olah atau dimanfaatkan.

Buat kamu yang bingung atau bosan mengolah daging sapi mau dimasak seperti apa. Cobain yuk membuat menu special yaitu iga sapi yang empuk. Ada beberapa tips buat kamu dalam mengolah daging sapi, simak dibawah ini!

Pilih Jenis Iga yang Masih Muda

Pilih daging iga sapi yang masih muda. Karena, daging lebih akan cepat empuk ketika dimasak. Gunakan daging yang lapisan lemaknya masih tipis dan berwarna putih. Sebaiknya hindari daging yang memiliki lapisan lemak tebal, karena akan butuh waktu lama dalam mengolahnya.

Pilih Jenis Daging Iga Sesuai dengan Proses Memasak.

Ketika kamu mengolah daging iga menjadi sop iga, sebaiknya menggunakan bagian short ribs dan spare ribs. Karena bagian itu lebih banyak tulang dibandingkan daging, sehingga bisa menghasilkan kuah yang lebih lezat dan gurih. Jika kamu masak iga dengan dipanggang atau dibakar, gunakan bagian iga atas atau punggung (beef back ribs) bagian ini biasanya lebih empuk.

Rebus Dahulu Dalam Air Mendidih

Sebelum merebus daging iga, sebaiknya lumuri dahulu daging dengan daun pepaya dan buah nanas yang diparut dan tunggu beberapa saat. Setelah itu rebus daging ke dalam air mendidih secara singkat. Air rebusan sebaiknya dibuang atau tidak digunakan kembali. Oya, jangan lupa jika merebus gunakan dengan api kecil ya dan membuang kotoran yang menggumpal.

Gunakan Panci Bertekanan

Rebus menggunakan panci bertekanan, nah kalau kamu yang tidak mempunyai panci bertekanan bisa gunakan panci biasa. Tetapi proses pemasakan lebih lama dibandingkan dengan menggunakan panci bertekanan.

Image: thekitchn.com

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Resep Sebelumnya Resep Selanjutnya