Sejarah Asal Usul Permen dan Resep Permen Coklat!

9 Juni 2021Syilvia Tjhia
resep permen coklat

Serves:

Permen memiliki sejarah dan budaya yang panjang lho, hingga terbentuk sampai sekarang. Mulanya manusia hanya mengenal rasa manis dari madu, namun manusia mulai mengetahui tebu. Menurut sejarah, tebu pertama kali ditemukan di Asia Tenggara tepatnya di Papua Nuigini. Kemudian tebu mulai menyebar ke India, dan India lah yang pertama kali memproduksi air perasan tebu dan gula.

Pertengahan abad ke-19 bisnis permen mengalami perubahan dratis karena kemajuan teknologi serta ketersedian gula yang mulai melimpah. Lalu sekitar seabad kemudian, permen jadi mudah ditemukan baik di kota maupun di desa.

| Baca Juga:

Ada beberapa jenis permen antara lain:

Permen Coklat

Permen coklat pertama diciptakan pada tahun 1828 oleh Conrad J. Van Houten asal Belanda. Awal mulanya beliau memeras biji coklat yang dimasak dan dicampurkan dengan gula, dan jadilah permen coklat.

Permen Karet

Penemuan permen karet secara tidak sengaja oleh Thomas Adams berasal dari Amerika, pada tahun 1869 . Awalnya ia ingin membuat mainan dari ban sepeda, tapi selalu gagal. Akhirnya ia memasukan karet kedalam mulutnya dan muncul ide untuk menambahkan rasa pada karet. Kemudian ditahun 1871 permen karet dengan rasa dipatenkan.

Permen Coklat Susu

Jadi ditahun 1875 seorang pembuat susu kental manis yaitu Henry Nestle dan Daniel Peter seorang pembuat coklat. Lalu mereka sepakat untuk memadukan dua unsur ini lalu mendirikan perusahaan permen coklat susu pertama didunia.

| Baca Juga:

Permen Lolly Pop

Permen satu ini yang paling unik karena memiliki tangkai. Permen lolly pop (lollipop) diberi nama oleh George Smith H, dan lolly pop merupakan nama kuda balapannya. Namun, untuk awal mula siapa yang yang membuat permen lolly pop tidak banyak yang mengetahui.

Cobain yuk membuat permen coklat sendiri dirumah, hanya butuh bahan seperti coklat bubuk dan susu kental manis saja lho! Simak resepnya dibawah ini.

Print Resep

Sejarah Asal Usul Permen dan Resep Permen Coklat!

  • Serves:

Bahan-Bahan

  • 200 Gr Susu Kental Manis
  • 200 Gr Coklat Bubuk

Instruksi

  • Siapkan wajan anti lengket. Masukan susu kental manis, masak dengan api kecil dan aduk hingga mendidih.
  • Setelah mendidih matikan kompor, tuang coklat bubuk lalu aduk hingga merata.
  • Kemudian tuang kedalam cetakan loyang atau cetakan permen dan simpan dalam freezer hingga keras.
  • Keluarkan permen coklat yang sudah keras dari kulkas. Potong sesuai selera.
  • Siap disajikan.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.