Manfaat dan Resep Susu Almond

18 Juni 2020Syilvia Tjhia

Serves: 500 mL

Susu almond saat ini menjadi tren gaya hidup sehat pada kalangan masyarakat masa ini. Susu almond dijaikan sebagai pengganti susu sapi, karena dalam kandungan susu almond 50% lebih rendah dibandingan susu sapi. Jadi, buat kamu yang sedang menjalakan diet sangat cocok untuk mengkonsumsi susu almond. Selain itu, bagi yang memiliki alergi laktosa bisa juga mengkonsumsi susu almond.

Ada beberapa manfaat mengkonsumsi susu almond, simak berikut ini:

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Dalam 240 mL susu almond terdapat 30 sampai 50 kalori, sedangkan kandungan pada susu sapi terdapat 146 kalori. Hal ini membuat susu almond dapat dikonsumi oleh kamu yang sedang menjalankan program diet.

  1. Menyehatkan Jantung

Susu almond mengandung sodium yang rendah serta kandungan lemak baik yang tinggi, seperti asam lemak omega yang biasanya ditemukan pada ikan. Susu almond tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol sehingga sangat aman dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung.

  1. Tingkatkan dan Melancarkan Produksi Asi

Jika kamu seorang ibu yang mengalami kesulitan dalam produksi ASI, mulai konsumsi susu almond secara teratur. Karena, kandungan omega-3 dalam almond dapat merangsang hormon ibu untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pada ASI.

  1. Aman untuk Orang yang Memiliki Alergi Terhadap Laktosa

Jika kamu setelah minum susu sapi merasakan sakit perut atau diare, muntah dan bergas. Berarti kamu alergi terhadap laktosa pada susu sapi, susu almond bisa menjadi pengganti susu sapi, karena dalam susu almond tidak mengantuk laktosa.

  1. Mampu Mengurangi Resiko Diabetes

Susu almond memiliki kandungan yang rendah gula, sehingga susu satu ini sangat cocok dikonsumsi untuk kamu yang memiliki riwayat diabetes.

Nah, itulah 5 manfaat susu almond jika dikonsumsi secara teratur. Yuk, simak resep susu almond dibawah ini.

Print Resep

Manfaat dan Resep Susu Almond

  • Serves: 500 mL

Bahan-Bahan

  • 100 Gr Almond Utuh
  • Secukupnya Garam
  • 600 mL Air

Instruksi

  • Cuci bersih almond menggunakan air bersih atau air matang. Lalu pindahkan almond yang sudah dicuci kedalam mangkok, lalu taburkan garam dan tuangkan air (yang cukup untuk merendam semua almond). Setelah itu rendam hingga 8 jam supaya menghilangkan enzim yang bisa mengganggung pencernaan.
  • Selanjutnya, setelah almond direndam selama 8 jam. Buang air rendaman dan bilas menggunakan air matang.
  • Siapkan blender dan masukan almond kedalam blender, tuangkan 600 mL air dan 1/4 sdt garam. Lalu blender hingga halus dan jika sudah halus saring susu almond, bisa menggunakan saringan kecil atau nut milk bag. Untuk kamu yang menggunakan nut milk bag bisa peras hingga susu almond keluar semua.
  • Susu almond siap disajikan, sisanya bisa kamu masukan ke gelas yang ada penutupnya dan simpan dalam kulkas. Susu almond didalam kulkas dapat bertahan 1-2 hari saja. Pastikan segera dikonsumsi ya.

Catatan

Source foto: happyislandvegan.com

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *