Resep Opor Ayam Gurih Khas Lebaran

29 November 2018Desiana Prasetya

Resep Opor Ayam – Opor ayam adalah salah satu jenis makanan yang sering ditemukan saat sedang momen lebaran di berbagai daerah di Indonesia. Masakan ini paling enak dinikmati bersama irisan ketupat maupun nasi putih hangat. 

Terbuat dari bahan dasar ayam yang dimasak dengan bumbu rempah asli khas Indonesia seperti ketumbar, kemiri, kencur, bawang merah, bawang putih dan lain sebagainya yang membuat kuah opor ayam memiliki rasa yang enak dan gurih.

Baca Juga : Resep Cumi Asin Cabai Hijau

Selain menggunakan daging ayam, agar masakan opor ayam Anda semakin komplit, maka bisa juga ditambahkan irisan tahu, tempe atau telur jika suka.

Step by Step Memasak Resep Opor Ayam

Resep Opor Ayam 
Resep Opor Ayam by @guniezzt

Bahan Resep Opor Ayam :

  • Ayam 1 ekor
  • Minyak goreng 4 sendok makan
  • Serai 2 batang, ambil bagian putihnya saja
  • Daun jeruk purut 5 lembar
  • Daun salam 3 lembar
  • Santan kental 250 ml dan santan encer 1,5 liter
  • Bumbu yang dihaluskan : setengah sendok teh jintan yang sudah disangrai, ketumbar 3 sendok teh, merica butiran 2 sendok teh, kemiri 6 buah sudah digoreng, kencur 3 cm, lengkuas 3 cm, bawang merah serta bawang putih 5 siung, garam 2 sendok teh dan gula merah 2 sendok makan

Cara Membuat Resep Opor Ayam :

  1. Bumbu yang sudah dihaluskan kemudian ditumis dan ditambahkan daun jeruk, serai yang sudah dimemarkan dan daun salam. Aduk bumbu tersebut hingga merata dan harum
  2. Masukkan ayam yang sudah dipotong-potong dan aduk rata. Masak ayam hingga kaku atau setengah matang
  3. Tambahkan santan encer tunggu hingga mendidih serta ayam menjadi lebih empuk. Pastikan untuk menggunakan api sedang pada tahap ini.
  4. Tambahkan santan kental kemudian aduk agar semua bumbu tercampur dengan baik. Tunggu sambil terus diaduk sampai mendidih.
  5. Kecilkan api dan masak hingga santan sedikit berminyak, matikan api.
  6. Opor ayampun siap disajikan.

Memasak opor ayam sebenarnya mudah, hanya saja bumbu yang dimasukkan harus tepat. Selain itu santan yang digunakan sebaiknya diperas sendiri dari kelapa bukan santan instan, tentu sensasi rasa yang dihasilkan akan sangat berbeda.

Maka pilihlah bahannya dengan baik dan pastikan semua bahan yang dimasak sesuai resep, sehingga Anda bisa membuat opor ayam yang lezat.

Jangan Lewatkan : Resep Udang Goreng Mentega

Jangan ragu untuk mencoba memasak resep opor ayam untuk membangkitkan suasana di keluarga saat makan bersama-sama. Semoga bermanfaat 🙂

2 Comments

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Resep Sebelumnya Resep Selanjutnya