Jangan Sembarangan Menggunakan Wadah Plastik!

18 September 2020Syilvia Tjhia

Kamu termasuk yang suka menyimpanan makanan atau minuman pada wadah plastic?. Hati-hati lho ya, tidak semua wadah plastic bisa kamu gunakan terus menerus atau sebagai penyimpanan. Jika salah pilih wadah plastik untuk menyimpan makanan atau minuman kamu, bisa-bisa makanan atau minuman kamu bisa terkontaminasi oleh zat kimia bahaya yang terkandung pada wadah plastik.

Ada 7 kode yang terdapat dalam wadah plastik yang wajib kamu ketahui.

  1. PETE atau PET(Poly Ethylene Terphthalate)

    Image: thehealthsite.com

Biasanya kode ini bisa kamu temui pada wadah plastik air minum yang berwujud transparan dan tipis. Pemakaian plastik kode PETE atau PET, tidak dianjurkan untuk dipakai ulang dan hindari terkena air panas atau hangat. Karena, pada suhu tinggi. Lapisan polimer akan meleleh, sehingga dapat mengeluarkan zat karsinogenik yang bisa menyebabkan kanker pada jangka panjang.

  1. HDPE (High Density Polyethylene)

Teksur pada plastik HDPE lebih kaku, keras, kuat namun mudah didaur ulang. Biasanya terdapat dibotol detergen, cairan pembersih, shampoo, serta minuman komersil (jus,soda dan susu). Plastik HDPE merupakan plastik yang aman digunakan untuk mengemas minuman maupun makanan. Namun, dianjurkan hanya sekali penggunaan.

  1. V atau PVC (Polyvinyl Chloride)
Image: thehealthsite.com

Plastik jenis ini sangat sulit untuk didaur ulang. Kode plastic V atau PVC terdapat pada botol-botolan cairan pembersih komersi, pipa plastik, sabuk dan shampoo. Plastik PVC tahan terhadap sinar matahari, namun tidak dianjurkan untuk dipakai dalam pengemasan makanan atau minuman. PVC terdapat kandungan DEHA (Diethylhydroxylamine) yang bisa bereaksi jika bersentuhan dengan makanan, sehingga sangat berbahaya pada kesehatan hati dan ginjal pada tubuh manusia.

  1. LDPE (Low Density Polyethylene)
Image: thehealthsite.com

Jenis plastik satu ini terbuat dari minyak bumi, tergolong cukup aman untuk membungkus makanan atau minuman. Serta tahan akan cahaya, dan memiliki daya proteksi terhadap uap air. Biasanya plastik LDPE ini terdapat pada kantong plastik tipis transparan, pelapis karton susu kertas, kresek, dan botol minuman yang bisa diperas.

  1. PP (Polypropylene)
Image: thehealthsite.com

Plastik kode PP memiliki titik leleh yang tinggi. Nah, biasanya terdapat pada wadah makanan yang bisa dipanaskan dalam microwave. Terdapat juga pada wadah yoghurt dan margarine.

  1. PS (Polystyrene)
Image: thehealthsite.com

Plastic yang bisa diolah menjadi foam atau dicetak. Biasanya plastik PS digunakan untuk membuat gelas plastik, sendok atau garpu plastik.

  1. Other
Image: thehealthsite.com

Other biasanya ada symbol angka 7. Plastik dengan kode Other biasanya kuat terhadap reaksi kimia, kamu bisa temui pada sikat gigi, pembungkus termos, piring makan, galon serta botol saus.

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Resep Sebelumnya Resep Selanjutnya