Jangan Menyajikan Makanan Ini Saat Tahun Baru Imlek!

10 Februari 2021Syilvia Tjhia

Kemeriahan Tahun Baru Imlek mulai terasa, Imlek tahun 2021 jatuh pada tanggal 12 Febuari 2021 nanti. Walaupun dalam masa pandemi, masyarakat Tionghoa sudah mulai membersihkan rumah, memasang pernak-pernik, mempersiapkan angpao dan yang pasti mempersiapkan menu makanan untuk dihidangkan bersama keluarga di rumah saja dalam menyambut tahun kerbau logam kali ini.

Dibalik makanan Imlek yang memiliki beragam sejarah atau filosofi yang baik, namun ada juga mitos-mitos tentang makanan Imlek. Dipercaya jika menyajikan makanan tersebut akan membawa hal buruk dalam sepanjang tahun. Berikut beberapa makanan yang tabu dihidangkan Imlek ini tidak boleh disajikan ketika Imlek.

Harus Menyajikan Ikan Secara Utuh

Ikan utuh yang disajikan saat perayaan Imlek bukan ikan sembarangan. Masyarakat keturunan Tionghoa percaya hidangan utuh disajikan saat Imlek akan membawa keuntungan sepanjang tahun. Jenis hidangan ikan yang popular adalah ikan kukus yang dimasak dengan berbagai bumbu dengan pelengkap seperti daun bawang dan cabai. Jenis ikan yang digunakan yakni ikan bandeng, ikan lele dan ikan mas. Ketiga jenis ikan tersebut memiliki arti yang bagus dalam bahasa China.

Sajian Ikan Utuh Tidak Boleh Dihabiskan Sekaligus

Aturan lain dari sajian ikan adalah ikan yang biasanya dihidangkan saat malam sebelum perayaan imlek tidak boleh dihabiskan sekaligus. Masyarakat Tionghoa percaya menyantap ikan ketika menjelang tahun baru akan membawa keberuntungan dan sebaliknya jika sisa ikan yang disantap diawal tahun baru akan membawa keberuntungan ditahun berikutnya. Ada juga etika menyantap ikan adalah jika salah satu sisi daging ikan sudah habis, ikan tidak boleh dibalik. Cara menyiasatinya adalah mengangkat duri ikan untuk mengambil daging ikan yang disisi sebelah. Karena dipercaya membalik ikan merupakan tanda rezeki yang tumpah.

Dilarang Menyajikan Bubur

Bubur menjadi salah satu makanan yang dianggap tabu dan dilarang menyantap bubur saat perayaan Imlek. Ternyata ada alasan sendiri mengapa bubur dilarang lho, bagi masyarakat Tionghoa percaya bahwa bubur dilambangkan kesusahan dan kemiskinan karena makanan yang sederhana. Jadi masyarakat Tionghoa takut akan tertimpa sial sepanjang tahun baru.

Dilarang Menyajikan Lobster

Lobster merupakan makanan yang harganya terbilang mahal dan disebut sebagai makanan mewah. Namun, saat perayaan Imlek lobster justru menjadi makanan yang tidak boleh disajikan. Karena, cara berenang lobster yang mengarah ke belakang. Diyakini bahwa jika konsumsi lobster saat imlek bisa memberikan kemunduran pada usaha yang dijalankan.

Dilarang Menyajikan Makanan Berwarna Putih

Warna putih identik dengan warna kematian, untuk itu tidak dianjurkan mengolah atau menghidangkan makanan yang berwarna putih. Misalnya keju putih, tahu dan lain sebagainya. Jadi lebih aman kamu tidak memasak makanan berwarna putih saat Imlek.

Itulah beberapa makanan yang dianggap tabu dan dilarang menghidangkan saat Imlek, fakta atau mitos tidak salah jika kamu mengikuti etika yang sudah ada sejak lama ini.

Selamat tahun baru imlek 2021, semoga tahun ini membawa rezeki yang berlimpah, kesehatan, damai, sukacita dan kebahagiaan untuk kita semua.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Resep Sebelumnya Resep Selanjutnya