Resep Pudding Gelatin

30 Oktober 2018Desiana Prasetya

Resep Pudding Gelatin – Meskipun gelatin dan agar-agar terlihat sama, namun kedua bahan ini tentu saja sangat berbeda. Jika agar-agar terbuat dari rumput laut, maka gelatin terbuat dari kulit dan tulang muda hewan yang direbus. Setelah direbus, akan muncul jeli yang padat, kental dan juga kenyal. Inilah yang seringkali kita sebut gelatin. 

Harga gelatin pun terbilang murah, cukup mengeluarkan 10.000 hingga 20.000 rupiah saja Anda sudah bisa mendapatkan gelatin berkualitas. Umumnya gelatin dipakai saat pembuatan cake, kapsul dan juga sebagai bahan puding.

Baca Juga : Resep Puding Sutra Susu UHT Diamond

Pudding yang terbuat dari gelatin memiliki tekstur yang lebih kenyal dibandingkan pudding yang terbuat dari agar-agar. Sehingga gelatin seringkali digunakan dalam campuran bahan cheese cake, mousse dan es krim karena fungsinya sebagai pengental atau pengikat.

Cara membuat resep pudding gelatin bisa dibilang gampang-gampang susah. Sebab proses pembuatannya ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar hasilnya enak sesuai yang diinginkan.

Salah satunya adalah jangan gunakan cetakan yang rumit, dan perhatikan juga inggi bentuknya karena akan membuat pudding mudah roboh. Namun Anda bisa menambahkan gelatin 30% agar puding jadi lebih kokoh. Tapi tetap sesuaikan juga dengan bahan-bahan yang digunakannya. 

Selain itu, Anda juga harus pintar memilih gelatin yang akan dipakai. Pastikan Anda memilih produk gelatin halal agar puding gelatin yang Anda buat dapat dinikmati oleh keluarga tercinta

          Simak Juga : Resep Puding Coklat Vla Vanila Topping Buah Peach

Berikut bahan-bahan dan cara membuat pudding gelatin manis yang wajib untuk dicoba!

Resep Pudding Gelatin

resep puding gelatin
Resep Puding Gelatin – Credit – Vemale

Bahan-bahan Pudding Gelatin : 

  •  1½ sdt gelatin (Rendam dengan 250 ml air)
  • 250 ml Santan
  • 3 Kuning Telur
  • 3 Putih Telur, Kocok hingga berbuih dan kaku
  • ½ sdt Vanili Bubuk
  • ½ sdt Pala Bubuk

Cara Membuat Resep Puding Gelatin : 

  1. Taruh gelatin ke wadah yang anti panas dan letakan kedalam panic yang berisi air panas.
  2. Terus aduk gelatin hingga larut lalu sisihkan.
  3. Masukan kuning telur, gula merah dan santan ke dalam wadah lalu kocok, setelah itu saring.
  4. Masak campuran tadi di api sedang hingga mengental lalu angkat. Masukan gelatin, pala dan vanili lalu aduk hingga merata.
  5. Tambahkan adonan puding tadi kedalam putih telur sambil terus diaduk.
  6. Tuang kedalam cetakan pudding yang dibasahi air lalu dinginkan.
  7. Pudding siap disajikan.
  8. Bisa diamkan terlebih dahulu di kulkas agar lebih enak dan segar.

Seperti yang sudah saya katakan diatas, bawha saat melepas pudding gelatin dari cetakan harus berhati-hati ya, karena pudding mudah roboh.

Untuk mendapatkan puding dengan bentuk cantik sempurna caranya adalah celupkan cetakan ke dalam air panas yang diwadahi lalu tunggu selama lima detik. Tutup bagian atas dengan piring saji lalu balikkan. Tepuk sedikit demi sedikit agar gelatin lepas dari cetakan.

Nah dengan cara sederhana ini puding gelatin yang Anda buatpun akan cantik bentuknya. Berani mencobanya?

Oh iya bagi yang kesulitan mencari gelatin Halal, Toko Wahab jual gelatin halal loh. Yuk kunjungi website kami untuk mendapatkan harga grosir – Klik Tokowahab.com.

1 Comments

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Resep Sebelumnya Resep Selanjutnya