5 Buttercream yang Populer untuk Menghias Kue

2 Maret 2022Syilvia Tjhia
jenis jenis buttercream

Buttercream merupakan krim halus yang biasanya digunakan untuk menghias atau melapisi kue. Tekstur buttercream yang lembut, rasanya manis tidak getir serta warnanya putih atau sedikit kuning tergantung bahan lemak yang digunakan. 

Berikut 5 buttercream yang sering digunakan untuk menghias kue:

Italian Buttercream

Warna krim Italian buttercream terlihat hampir berwarna putih dan terang. Buttercream satu ini bisa bertahan disuhu hangat lebih lama. Untuk membuat Italian buttercream memerlukan bahan seperti gula dan air, dimasak hingga suhu 115 derajat celcius lalu campurkan meringue. Kocok hingga kaku.

| Baca Juga: Resep Kue Bolu Labu Kuning yang Lezat

American Buttercream

Selanjutnya ada American buttercream, buttercream satu ini sangat manis dan creamy serta mudah dibuat. Bahan yang diperlukan antara lain mentega, gula, vanila dan krim. Lalu dikocok hingga mengembang. Tak heran jika buttercream ini sangat mudah dibuat karena tidak perlu dimasak.

German Buttercream

Buttercream yang ini warnanya lebih kuning dibandingkan buttercream lainnya. Namun, German buttercream tidak bisa bertahan lama di suhu hangat. Untuk membuat German buttercream Kamu membutuhkan bahan seperti gula, susu, tepung maizena dan telur. Bahan tersebut dimasak, dikocok setelah dingin menggunakan mixer serta ditambahkan lemak.

| Simak Juga: Resep Susu Kentang, Pengganti Susu Sapi yang Diprediksi Akan Viral

French Buttercream

Buttercream yang kaya akan krim serta tampilannya yang cantik yaitu French buttercream. French buttercream menggunakan busa kuning telur, sehingga warna kuningnya lebih cerah. Namun, buttercream ini tidak bertahan lama disuhu hangat. 

Swiss Buttercream

Kemudian ada Swiss buttercream, nah buttercream satu ini sering digunakan dalam menghias kue. Proses pembuatan buttercream ini hampir sama dengan Italian buttercream, yang membedakan hanya menggunakan Swiss meringue. 

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Resep Sebelumnya Resep Selanjutnya