Tips Membuat Kue Kukus yang Mengembang Sempurna dan Anti Gagal

20 September 2021Syilvia Tjhia
tips membuat kue kukus

Siapa yang tidak kenal dengan kue kukus, hidangan yang satu ini mudah sekali dijumpai di pasaran dengan harga yang relatif terjangkau. Umumnya ia disajikan dalam beragam varian kekinian, sehingga konsumen sendiri juga tidak bosan dalam mengonsumsinya, seperti diantaranya adalah rainbow cake kukus yang memiliki warna-warni berbeda, kemudian juga ada varian brownies yang begitu nyoklat sampai dengan jenis marble.

Anda bisa membuatnya sendiri di rumah sesuai dengan selera ataupun dikreasikan. Ada banyak resep kue kukus yang dapat dengan mudah Anda tiru. Hanya saja mungkin bagi Anda yang masih pemula, kendala yang sering dialami adalah ketika kue tersebut tidak mekar sempurna, bantet dan juga rasanya kurang pas.

| Baca Juga:

Untuk itu maka bisa menyimak beberapa tips berikut ini, sehingga nantinya roti kukus yang dibuat juga anti gagal, yaitu:

  1. Kocok adonan hingga benar-benar mengembang, proses pengocokan jadi bagian yang sangat penting jika ingin hasil kue mengembang sempurna. Jika memang tidak memungkinkan mengosok secara manual, maka Anda dapat mengandalkan mixer untuk meringankan pekerjaan tersebut.
  2. Pakailah air soda yang baru saja dibuka, selain dengan mengandalkan bahan pengembang layaknya ovalet maupun SP, maka Anda juga dapat memakai minuman ringan atau soda yang baru saja dibuka, ini juga efektif untuk membuat kue lebih mengembang.

| Simak Juga:

  1. Usahakan untuk memanaskan cetakan terlebih dahulu, penting untuk diketahui bahwa cetakan yang digunakan juga mempengaruhi hasil kue apakah dapat mengembang sempurna atau tidak. Jika ingin mengembang sempurna maka bisa mencoba memanaskan cetakan tersebut terlebih dahulu dalam kukusan, sebelum digunakan.
  2. Mengukus menggunakan api besar, jika ingin hasil kue bisa mengembang atau mekar sempurna, maka jangan ragu menggunakan api besar dalam mengukusnya. Selain itu sebaiknya Anda juga menghindari sering membuka tutup kukusan tersebut. sehingga nantinya hasil kue juga tidak bantat.

Anda bisa mencoba mulai belajar membuat kue kukus sederhana sebelum nantinya membuat varian lain yang lebih kompleks atau sulit. Semoga bermanfaat.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Resep Sebelumnya Resep Selanjutnya