Tips Membuat Donat

18 Mei 2020Syilvia Tjhia

Camilan yang miliki ciri khas tengahnya bolong, apalagi kalau bukan donat. Siapa yang tidak menyukai donat? Admin rasa kecil kemungkinan ada yang tidak menyukai camilan satu ini. Mulai dari anak-anak hingga dewasa pasti menyukai donat. Donat terbuat dari tepung terigu, gula, mentega dan telur dan biasanya bentuk donat yang paling umum yaitu berbentuk cincin. Ada juga donat berbentuk bundar dan diisi biasanya dengan krim, custard dan selai.

Nah, buat kamu yang mau membuat donat supaya mengembang serta mendapatkan tektur renyah dan lembut. Simak tips membuat donat dibawah ini.

Adonan Tidak Mengembang

Adonan yang tidak mengembang dengan sempurna bisa terjadi jika kita tidak menggunakan ragi. Ragi merupakan salah satu bahan penting dalam proses pembuatan donat, supaya donat mengembang jangan lupa tambahkan ragi. Hal yang perlu diperhatikan sebelum menambahkan ragi adalah pastikan menuangkan air hangat pada mangkon dan baru ditambahkan ragi lalu dicampur hingga rata dan baru dimasukan kedalam adonan. Baru mengaduk adonan hingga kalis.

Suhu yang Tepat

Suhu yang bagus untuk proses fermentasi agar donat mengembang sekitar 26-28 derajat celcius. Jangan lupa untuk menggunakan air hangat dan jangan menggunakan air yang terlalu panas karena akan membuat fermentasi adonan lebih cepat dan teksturnya tidak bagus.

Proses Fermentasi

Karena donat membutuhkan fermentasi yang lama dengan tujuan agar adonan bisa mengembang dengan sempurna. Setelah membulat-bulatkan adonan, gunakan penutuh pada bagian atas dan didiamkan sekitar 1,5 jam untuk mendapatkan hasil yang maksimal, donat akan mengembang hingga 2 kali lipat dari adonan sebelumnya.

Menggoreng Donat

Setelah adonan telat siap, proses terakhir adalah menggoreng. Dalam proses menggoreng donat gunakan suhu 190 derajat kurang lebih goreng selama 1-2 menit. Setelah satu menit balik sisi lainnya untuk digoreng sehingga mendapatkan kematangan yang sempurna. Jika kamu menggoreng menggunakan kompor gas, gunakan api sedang atau tidak terlalu besar agar donat tidak cepat hangus. Nah, agar bentuk donat tetap bulan dan tengahnya bolong. Ketika digoreng tusukan sumpit kayu ditengah lubang dan diputar-putar supaya tengahnya berbentuk bolongan rapi.

Itulah beberapa tips membuat donat, semoga bermanfaat ya :).

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Resep Sebelumnya Resep Selanjutnya