Resep MPASI 6 Bulan yang Benar Menurut WHO

10 Agustus 2020Syilvia Tjhia

Serves: 2 Porsi

Ketika bayi sudah berusia 6 bulan, biasanya sudah diperbolehkan mengonsumsi makanan pendamping ASI(MPASI). Karena di usia 6 bulan bayi telah ditahap pengenalan rasa, selain itu bayi yang usia 6 bulan juga sudah bisa duduk dengan tegak, refleks menggerakan lidah, sudah bisa menyangga kepala dengan baik dan sudah mampu menutup mulut ketika disodori sendok.

Proses pemberian makanan pendamping ASI harus secara bertahap lho ya. Setelah memperkenal kan MPASI sebaiknya juga tetap harus diberikan ASI, idealnya bayi yang baru lahir hingga usia 6 bulan sebaiknya mendapatkan ASI ekslusif. Setelah 6 bulan usia bayi baru diberikan MPASI secara bersamaan.

Rekomendasi dari WHO sebaiknya memulai pemberian MPASI pada saat usia bayi 6 bulan, karena jika dibawah usia tersebut. Usus belum mampu mencerna makanan selain susu formula dan ASI. Ada beberapa dampak jika MPASI pertama diberikan terlalu cepat:

  • Sistem pencernaan bayi belum siap, alhasil dapat timbul gangguan pada pencernaan.
  • Motorik bayi belum siap, sehingga dapat meningkatkan resiko tersedak.
  • Bayi kesulitan mengunyah, karena pada umumnya gigi bayi baru tumbuh setelah usia 6 bulan.
  • Resiko terkena alergi, karena saat bayi menerima asupan lain selain ASI. Maka kekebalan yang diterima oleh bayi akan berkurang. Pemberian MPASI terlalu cepat akan berisiko membuka pintu masukanya berbagai jenis kuman apalagi jika MPASI disajikan secara tidak higienis. Bayi mulai memproduksi antibodi saat usia 6 bulan, saat itulah penutupan usus terjadi menurut dr Meta.

WHO merekomendasikan untuk pemberikan MPASI pastikan terdiri dari protein, mikronutrien dan energi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada bayi yang sedang tumbuh. Dan sajikan MPASI harus menggunakan peralatan yang bersih.

Untuk bayi diusia 6-8 bulan sebaiknya sajikan makanan yang bertekstur lumat kental, supaya tidak mudah jatuh dari sendok. Usia bayi di 9-12 bulan berikan makanan yang bertekstur lember serta usia 12-24 bulan sudah boleh diberikan makanan keluarga.

Simak yuk resep MPASI 6 bulan yang sehat dibawah ini.

Print Resep

Resep MPASI 6 Bulan yang Benar Menurut WHO

  • Serves: 2 Porsi

Bahan-Bahan

  • 150 Gr Kentang
  • 200 mL Jeruk Baby

Instruksi

  • Langkah pertama, kupas kentang lalu cuci hingga bersih.
  • Kukus kentang hingga empuk atau matang lalu diangkat. Siapkan blender lalu masukan air jeruk, kentang. Blender hingga lumat.
  • MPASI siap disajikan untuk si kecil.

Catatan

Image: mooimom.id

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *