Resep Fondant Homemade

30 Agustus 2018Desiana Prasetya

Resep Fondant – Fondant merupakan salah satu penghias kue yang terbuat dari gula. Umumnya fondant dibuat untuk menghias kue ulang tahun, wedding cake, cookies dan dekorasi lainnya.

Jadi kegunaan fondant sendiri adalah cream seperti whipped cream, hanya saja untuk fondant teskturnya lebih kokoh atau kuat sehingga tidak mulah meleleh saat digunakan untuk dekorasi.

Baca Juga : Resep Bolu Gulung Abon Sapi

Cara membuat fondant sebenarnya tidak terlalu sulit. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga cukup mudah ditemui dimana-mana. Adapun bahan-bahan yang digunakan antara lain adalah gula bubuk, air dan juga sirup jagung. Cukup simpel bukan?

Tapi memang untuk pengolahannya harus tepat dan sedikit membutuhkan sedikit banyak waktu. Sehingga tak jarang banyak orang yang lebih senang menggunakan fondant siap pakai yang dijual pasaran.

Fondant yang seringkali digunakan untuk membuat cake adalah fondant vanila dan juga fondan roll berwarna hitam yang sangat cantik jika digunakan untuk menghias kue.

Namun jika Anda ingin sesekali mencoba membuat fondant sendiri di rumah, berikut bahan-bahan dan cara membuatnya. Mari disimak 🙂

           Simak Juga : Resep Whipping Cream

Resep Fondant Rumahan Yang Enak dan Kokoh

Resep Fondant
Resep Fondant : Credit – Chowhound

Bahan yang diperlukan :

Untuk membuat tradisinoal fondant anda membutuhkan bahan-bahan seperti yang disebutkan sebelumnya, lalu berapa takarannya? Berikut kami ulas.

  • 2 cup gula bubuk
  • ½ cup air
  • 2 sendok makan sirup jagung

Langkah Membuat Fondant :

  1. Persiapkan sebuah baking tray yang besar pada meja atau bagian dapur anda yang keras dan datar, lalu lumuri sedikit dengan menggunakan air.
  2. Siapkan panci, lalu campurkan gula, air dan juga sirup jagung di dalam panci kemudian panasi dengan menggunakan api sedang. Aduk terus hingga gula mencair.
  3. Setelah gula mencair tutup panci dan biarkan campuran mendidih selama 2 hingga 3 menit.
  4. Setelah mendidih buka tutup panci dan biarkan campuran tetap mendidih tanpa mengaduknya hingga suhu 115celcius.
  5. Setelah itu tuang sirup ke baking tray yang sudah disiapkan dan diamkan selama beberapa menit di suhu ruangan hingga menjadi hangat.
  6. Setelah suhu hangat, fondant siap untuk di gunakan.
  7. Setelah membuat sirupnya, kini kita dapat membuat fondant yang sesuai dengan kebutuhan kita. Setelah dipindahkan, sirup harus diuleni. Ketika masih hangat, anda dapat menggunakan spatula untuk membantu pekerjaan anda, tapi ketika sudah berubah menjadi keras dan sedikit bening maka gunakan tangan anda untuk menguleni. Uleni sirup yang anda miliki hingga sirup menjadi lebih halus. Setelah halus, setelah itu anda bisa memberikan rasa pada fondant anda sesuai dengan kebutuhan.

Untuk rasa dan tekstur fondant yang lebih enak, sebaiknya biarkan fondant set sampai 12 jam. Caranya masukkan fondant ke plastik, hindari adanya udara di dalam plastik dengan menekan plastik dan biarkan di suhu ruangan.

2 Comments

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Resep Sebelumnya Resep Selanjutnya