Pentingnya Membuat Bisnis Plan Kuliner Saat Memulai Usaha

12 September 2019Syilvia Tjhia

Rencana usaha atau  Bisnis plan  merupakan pernyataan tertulis dan resmi dari seorang pebisnis dengan tujuan usahanya dan cara untuk mencapainya. Namun, Sifatnya tidak wajib tetapi jika kamu ingin berbisnis khususnya dibidang kuliner, sebaiknya awali keseluruhan aksi dengan membuat rencana dahulu agar kamu mudah dalam mengevaluasi perkembangan usaha secara berkala.

Jika tidak merasa familier dengan bisnis plan kuliner, jangan khawatir, Admin mau menjelaskan bisnis plan secara lengkap untuk kamu khususnya Teman Wahab. Simak ya dibawah ini ada empat langkah dalam merencanakan usaha!

Langkah-langkah membuat bisnis plan

Ada tiga langkah yang harus kamu lakukan sebagai berikut:

  1. Penelitian

Langkah awal yaitu dengan melakukan penelitian. Maksudnya adalah meliputi mengidentifikasi kebutuhan pasar. Kamu harus tahu dulu apa yang dibutuhkan masyarakat seperti daya beli dan budaya lokal, sehingga kamu bisa mengembangkan bisnis kearah yang pasti.

  1. Company Profile

Selanjutnya adalah company profile atau profil perusahaan. Tujuannya untuk memberikan informasi ke calon pelanggan kamu secara lengkap mengenai detail perusahaan. Bisa dikatakan company profile sangat wajib dimiliki oleh setiap perusahaan yang beroperasi.

  1. Analisa SWOT

Metode perencanaan SWOT biasa digunakan untuk mengevaluasi dari Strengths, Weakness, Opportunities, Threats. Dalam empat faktor tersebut diterapkan agar mudah menganalisi bagaimana kekuatan mampu mengambil keuntungan dari peluang yang ada lalu bagaimana mengatasi kelemahan serta kekuatan dan mampu menghadapi ancaman yang ada.

Alasan kenapa kamu harus melakukan bisnis plan

Mungkin diantara kalian bingung kenapa sih harus membuat rencana usaha yang matang, Jadi ini ada beberapa alasan juga mengapa rencana usaha sangat penting bagi para perintis usaha.

  • Panduan Bisnis

Dalam perencanaan bisnis bisa menjadi panduan kamu untuk menetapkan target serta langkah-langkah yang akan kamu capai. Dengan kata lain, perencanaan bisnis bisa memandu perkembangan usaha kamu agar kearah yang sesuai dari ekspektasi awal.

  • Sumber Perdanaan

Selanjutnya adalah sumber perdanaan. Jika kamu ingin mengajukan proposal pengajuan dana kepada investor kamu harus membuat bisnis plan kamu agar jelas sehingga mendatangkan modal dari investor

  • Prediksi masa depan

Kamu bisa menulis estimasi pendapatan dan perkembangan usaha dalam perencanaan bisnis, secara tidak langsung kamu sudah memprediksi masa depan usaha kamu. Jawaban singkatnya dengan membuat rencana usaha kami bisa dimudahkan dalam mengevaluasi perkembangan usaha kamu secara berkala. Itulah beberapa ulasan tentang bisnis plan yang Admin bagikan.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Resep Sebelumnya Resep Selanjutnya