Mengenal Foie Gras, Hidangan Mewah dari Hati Angsa

13 Agustus 2021Syilvia Tjhia
apa itu foie gras

Foie gras merupakan makanan khas dari Prancis yang terbuat dari hati angsa. Foie gras memiliki warna yang krem dengan sedikit semburat merah muda, dan foie gras bukan berasal dari hati angsa biasa lho.

Berikut beberapa fakta tentang foie gras yang belum kamu ketahui:

Sejarah Foie Gras

Foie gras populer di Prancis pada tahun 1779, zaman dahulu ada chef bernama Jean-Joseph Clause yang menciptakan pâté de foie gras pertama dan mematenkan hidangan tersebut pada tahun 1784. Sebenarnya menurut sejarah foie gras berasal dari bangsa Mesir Kuno. Orang Mesir Kuno mengetahui bahwa angsa bisa digemukkan dan hatinya berlemak setelah diberi makan yang banyak. 

Proses Pembuatan Foie Gras

Untuk menghasilkan foie gras hati angsa perlu dibesarkan hingga 10 kali ukuran hati biasa. Sehingga para peternak melakukan memberian pakan secara paksa ke angsa menggunakan selang makanan dan mengalir melewati tenggorokan ke perut angsa.

Selain itu, angsa ditempatkan dalam sebuah kandang yang sempit, sehingga angsa tidak banyak gerak dan tujuannya menghindari pemborosan energi untuk mengubah semua makanan menjadi lemak ditubuh angsa.

Tingkatan Foie Gras

Tahukah kamu kalau foie gras memiliki tingkatan atau nilai untuk masing-masing kualitasnya lho. Foir gras memiliki 3 kelas yaitu Grade A, Grade B dan Grade C. Grade A memiliki kualitas yang paling tinggi dibandingkan dengan B dan C. 

Cara Masak Foie Gras

Untuk memasak foie gras sebenarnya ada beberapa metode. Di Hongaria foie gras digoreng lalu disajikan dengan makanan hangat. Ada juga yang menjadikan foie gras dengan digunakan dalam hidangan seperti steak, pasta hingga roti. Foie gras juga dibuat menjadi mousse, foie gras yang dimatangkan dan dihaluskan dengan mentega lalu dioleskan pada roti.

Penasaran dengan rasa foie gras ? kamu bisa menikmati foie gras di restoran Prancis dengan kisaran harga perporsi 500 ribuan. 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Resep Sebelumnya Resep Selanjutnya