Cara Membuat Vla Homemade dengan Tepung Custard

12 Oktober 2018Desiana Prasetya

Cara Membuat Vla Homemade – Apakah Anda adalah seorang penggemar olahan puding yang disajikan di salah satu restoran cepat saji terkenal di dunia?

Kalau iya, pasti Anda sudah lama penasaran seperti apa resepnya, terutama resep vla custard yang begitu lembut di lidah dan tidak terlalu manis rasanya itu.

Supaya Anda tidak terus-terusan penasaran, berikut ini adalah resep vla buatan rumahan dengan memanfaatkan tepung Custard Hercules yang bisa Anda coba sendiri di rumah.

Baca Juga : Resep Puding Sutra Susu UHT Diamond

Cara membuat vla homemade sendiri cukup mudah dan tidak terlalu sulit. Bahkan cara pembuatannya serupa dengan pembuatan saus vla pada umumnya. 

Hanya saja penggunaan tepung Custard Hercules merupakan salah satu rahasia agar hasil vla yang Anda buat hasilnya nikmat seperti puding KFC yang biasa Anda kunjungi.

Simak Juga : Resep Puding Jagung Yang Nikmat

Berbicara tepung custard hercules, Harga Tepung Custard Hercules ini cukup terjangkau di semua kalangan masyarakat.

Jika Anda kesulitan mencarinya, di Tokowahab.com jual vla instant atau tepung custard hercules loh. Yang tentunya dengan harga grosir dan bisa dikirim keseluruh wilayah Indonesia.

Nah dari pada penasaran, langsung saja yuk disimak bahan-bahan dan cara membuat vla homemade seperti berikut ini.

Resep Cara Membuat Vla Homemade ala Dessert Resto

cara membuat vla
Cara Membuat Vla – Credit : Youtobe

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan :

  • 400 ml susu UHT rasa plain
  • 2 sendok makan tepung Custard Hercules, cairkan dengan sedikit air
  • 5 sendok makan gula pasir, atau sesuaikan jumlahnya dengan selera
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 4 sendok makan tepung maizena, cairkan dengan 4 sendok makan air
  • 1 sendok teh rum extract
  • 1 sendok makan butter
  • Sejumput garam

Cara Membuat

  1. Siapkan sebuah wadah, lalu campur dan masak bahan-bahan berikut ini: susu UHT rasa plain, gula pasir, dan garam. Masak sambil terus diaduk, lalu tambahkan tepung Custard Hercules yang telah dicairkan dengan sedikit air. Aduk terus sampai muncul letupan di atas permukaan larutan yang artinya campuran bahan vla tersebut sudah mendidih.
  2. Setelah campuran bahan vla custard mendidih, tambahkan tepung maizena yang telah dicairkan sebelumnya, dan vanili bubuk. Aduk sekali lagi secara terus-menerus sampai adonan berubah jadi kental.
  3. Matikan api begitu adonan vla menjadi kental. Tambahkan butter dan aduk sampai campurannya merata. Angkat dari kompor dan sisihkan selama sejenak sampai vla tidak lagi panas (jadi hangat). Tambahkan rum extract dan campur sampai rata, lalu biarkan lagi adonan vla sampai menjadi dingin.
  4. Vla custard sudah siap dinikmati bersama dengan makanan favorit Anda! Anda juga bisa simpan vla di dalam kulkas agar terasa dingin.

Nah, begitu vla custard sudah jadi, Anda bisa bebas menikmatinya dengan olahan puding favorit, kue soes atau sus yang lembut juga bisa jadi pasangan yang cocok untuk vla custard buatan Anda sendiri.

Selamat memasak!

2 Comments

  • Mohubie

    11 Juni 2020 at 15:04

    Tabarakallah mba sdah brbagi ilmunya ^^ akhirnya skian lama sy mncari2 resep krim custard yg enak tanpa telur dan stelah dcoba bneran enak bgt (sy pakai utk filling roti goreng) klurga drumah pda doyan soalny tdk enek :)

    1. Syilvia Tokowahab.com

      12 Juni 2020 at 13:39

      Terima kasih banyak sudah mampir ke blog kami, senang sekali kami dapat memberikan informasi yang bermanfaat buat ibu/bapak Mohubie.
      Comment dari ibu/bapak sangat memberi kami semangat untuk tetap update lebih banyak resep, tips dan trik membuat kue dan lainnya. :)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Resep Sebelumnya Resep Selanjutnya