Cara Membuat Resep Spaghetti Scarpetta

30 November 2018Desiana Prasetya

Resep Spaghetti Scarpetta – Saus spaghetti berbasis saus tomat yang biasanya dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia adalah saus bolognese. Nah untuk saus scarpetta ini mirip dengan bolognese namun tanpa daging.

Baca Juga : Resep Spaghetti Scallop Saus Mentega

Perpaduan tomat dengan minyak zaitun akan membuat sajian pasta ini memiliki rasa yang ringan dan tidak enek sehingga pas untuk Anda yang sedang diet namun tetap ingin makan enak. Untuk bahan-bahan bisa Anda beli di toko bahan kue online Tokowahab.com.

Berikut adalah resep spaghetti scarpetta yang bisa Anda buat sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang cukup mudah dan terjangkau di cari atau mungkin sudah tersedia di rumah Anda.  Mari disimak!

          Simak Juga : Resep Spaghetti Saus Udang

Cara Memasak Resep Spaghetti Scarpetta

Resep Spaghetti Scarpetta
Resep Spaghetti Scarpetta by @marianneanni

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat spaghetti scarpetta : 

  • 250 gram spaghetti
  • 4 lembar daun basil berukuran besar
  • ½ sendok makan margarin tawar
  • Parutan keju parmesan
  • ¼  cangkir minyak zaitun
  • 8 buah tomat merah segar
  • Sejumput cabe kering
  • Sejumput garam kasar
  • 6 siung bawang putih

Cara memasak resep spaghetti scarpetta homemade :

  1. Masak spaghetti di air yang mendidih, tambahkan sedikit garam dan minyak sayur. Masak selama kurang lebih 10 menit jika Anda menggunakan pasta kering, jika membuat spaghetti sendiri, masak selama 3 menit.
  2. Siapkan panci kemudian didihkan air. Pada mangkuk yang terpisah masukkan air dingin dan beberapa es batu. Ambil tomat kemudian sayat dengan huruf X pada bagian bawahnya, masukkan ke dalam air mendidih selama kurang lebih 15 detik hingga kulitnya mengelupas. Angkat tomat langsung masukkan ke dalam mangkuk air es, setelah dingin kupas kulit tomat dengan menggunakan pisau kecil.
  3. Belah tomat menjadi dua bagian kemudian pisahkan bijinya.
  4. Panaskan 2 sendok makan minyak zaitun pada panci atau sauce pan, setelah minyak panas, letakkan tomat yang sudah tak berbiji secara hati-hati, tambahkan sedikit garam dan cabai kering.
  5. Masak tomat selama beberapa menit sampai melembut, kemudian hancurkan dengan penumbuk kentang atau garpu, jika teksturnya terlalu kental Anda bisa menambahkan sari tomat dari biji tomat yang disisihkan dengan cara diperas, kemudian masak tomat selama 30-45 menit sambil dihancurkan dan diaduk.
  6. Buat minyak bawang dengan menggunakan penggorengan yang berbeda, panaskan sisa minyak zaitun kemudian masukkan bawang putih yang utuh, daun basil, dan sisa cabai kering. Masak dengan api kecil hingga citarasa bawang menyatu dengan minyak kemudian angkat dari api dan saring minyak masukkan ke saus tomat.
  7. Masukkan pasta ke saus tomat kemudian sesuaikan rasanya, jika kurang bisa ditambahkan garam, tambahkan daun basil, keju, margarin, dan sedikit minyak zaitun kemudian aduk hingga rata.
  8. Sajikan spaghetti di atas piring saji selagi hangat. Nyuumi!

1 Comments

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Resep Sebelumnya Resep Selanjutnya