Resep Cake Mentega yang Lembut

3 Oktober 2018Desiana Prasetya

Cake Mentega – Ingin coba membuat cake mentega lembut di rumah untuk camilan keluarga atau disajikan kepada para tamu? Yuk dicoba resep cake mentega dari tokowahab.com yang satu ini.

Rasanya yang enak, empuk dan juga tidak bikin seret dileher benar-benar pas sekali untuk teman minum teh dan kopi.

Cake mentega yang juga disebut bolu mentega ini terbuat dari adonan tepung terigu, telur, gula dan mentega sebagai bahan utamanya.

Penggunaan putih telur yang cukup banyak membuat cake ini terkenal juga dengan sebutan cake mentega putih telur atau bolu mentega putih telur.

Baca Juga : Resep Kue Pukis Toping Keju dan Susu Evaporasi

Yah, apapun itu yang jelas cake ini salah satu kue panggang yang disukai banyak orang karena kelezatannya.

Nah.. dari pada penasaran, langsung saja yuk disimak Bahan-bahan dan Cara Membuat Cake Mentega seperti berikut ini.

Step by Step Membuat Cake Mentega

cake mentega
Cake Mentega – Credit : Yolanda Rizky Moza Cookpad

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan :

  • 100 gr tepung terigu
  • 5 butir telur
  • 100 gr gula putih bubuk
  • 50 gr Mentega, dicairkan
  • 1/2 sendok makan pengemulsi (emulsifier)
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk

Cara Membuat Cake Mentega :

  1. Panaskan oven terlebih dahulu sampai suhunya mencapai 180 derajat Celcius.
  2. Cairkan mentega dengan menggunakan panci atau teflon, lalu panaskan dengan api kecil sampai mentega mencair dengan merata. Angkat, matikan kompor lalu sisihkan.
  3. Siapkan sebuah loyang yang akan digunakan untuk memanggang cake dan olesi permukaan bagian dasarnya dengan margarin sampai merata, lalu tabur dengan sedikit tepung sampai merata.
  4. Selanjutnya siapkan gula bubuk (gula halus), pengemulsi, dan telur. Aduk rata menggunakan mixer sampai mengembang. Artinya, adonan tidak jatuh jika wadah tempat mencampur bahan-bahan tersebut dibalik.
  5. Masukkan tepung terigu dan mentega cair secara perlahan-lahan ke dalam campuran di langkah 4. Kemudian, aduk lagi adonan selama kurang-lebih 3 menit, atau sampai adonan tercampur dengan merata.
  6. Tambahkan vanili dan aduk kembali adonan sampai tercampur secara merata.
  7. Ambil Loyang yang sudah disiapkan di langkah 3 sebelumnya. Tuangkan adonan cake mentega ke dalam loyang. Lakukan secara perlahan agar adonan bisa tersebar merata di dalam loyang. Anda bisa gunakan spatula untuk mempermudah prosesnya. Spatula ini juga bisa Anda gunakan untuk meratakan bagian atas adonan. Penting untuk menjaga permukaan adonan rata ketika sudah di dalam loyang agar nanti adonan cake bisa mengembang secara merata saat dipanggang di dalam oven.
  8. Jika oven sudah panas, masukkan loyang yang sudah berisi adonan ke dalam oven dan panggang. Tunggu selama kira-kira 30 menit.
  9. Untuk mengecek apakah cake sudah benar-benar matang sampai ke dalam, Anda bisa tusuk cake dengan menggunakan tusuk gigi. Jika tusuk gigi bersih alias tidak ada adonan cake yang menempel saat tusuk gigi ditarik keluar, maka artinya cake sudah matang.

Selamat mencoba resep cake mentega lembut ini di rumah! Semoga bermanfaat, silahkan share ya :)

1 Comments

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Resep Sebelumnya Resep Selanjutnya