Bagi Pemula, Yuk Kenali Aneka Bahan Kue dan Manfaatnya

2 Oktober 2018Desiana Prasetya

Aneka Bahan Kue dan ManfaatnyaBahan kue begitu bermacam dan ternyata setiap jenis bahan memiliki kegunaannya masing-masing. Artinya jika Anda salah menggunakan bahan, maka bisa berdampak buruk pada hasil kue yang dibuat.

Karenanya mengetahui macam bahan untuk kue dan manfaatnya tentu membantu Anda untuk bisa menggunakannya secara benar. Berikut aneka bahan kue dan manfaatnya yang perlu Anda ketahui. Yuk mari di simak!

 Aneka Bahan Kue dan Manfaatnya Yang Wajib Diketahui

aneka bahan kue dan manfaatnya
Aneka Bahan Kue dan Manfaatnya

Mentega

Mentega adalah bahan yang dibuat dari padatan lemak hewani. Mentega memiliki rasa yang gurih dan cukup mudah mencair. Mentega atau yang populer disebut butter ini memiliki tekstur padat berongga dan cenderung basah.

Penambahan mentega pada adonan kue memiliki peran penting. Manfaat mentega untuk membuat kue yaitu bisa menambah cita rasa, aroma, membuat kue lebih empuk, dan tahan lama. Sejumlah mentega berkualitas juga menambah nilai gizi kue yang dibuat.

Tepung

Tepung terigu adalah pembentuk jaringan dan menjadi bahan utama dalam pembuatan kue atau roti. Tepung terigu memiliki kandungan protein yang tidak larut dalam air dan malah bisa menyerap air yang membuat lapisan gluten. Lapisan ini yang berperan menahan gas bila pengolahan kue menggunakan ragi atau yeast.

Secara umum tepung dibedakan menjadi 3 macam. Yaitu tepung terigu protein tinggi, sedang, dan rendah. Tepung terigu protein tinggi bisa untuk membuat roti tawar atau mie.

Tepung terigu protein sedang cocok untuk membuat kue, cookies dan donat. Sedangkan tepung terigu protein rendah untuk membuat biskuit, pie, crepes dan masih bayak yang lainnya.

Bahan Pengembang Kue

Salah satu bahan kue untuk pengembang kue adalah ragi atau yeast. Pengembang organik ini terdiri dari mikroorganisme hidup yang mampu menghasilkan gas karbondioksida. Gas ini pula yang diperlukan agar roti atau kue bisa mengembang sempurna.

Di pasaran ada beberapa jenis ragi. Seperti ragi basah, ragi kering, dan ragi instan. Untuk membuat tape lebih cocok jika menggunakan ragi basah. Ragi kering sebelum digunakan mesti dicampur dulu dengan air hangat dan gula menjadi biang. Sedangkan ragi instan bisa langsung ditambahkan pada adonan kue seperti donat atau roti goreng.

Emulsifier

Emulsifier adalah bahan pelembut dalam resep membuat cake. Manfaatnya adalah untuk membuat adonan menjadi lebih lembut.

Saat ini ada beberapa macam emulsifier yang ada di pasaran, seperti Ovalet, TBM, dan SP yang sebenarnya merupakan brand dagang. Ketiganya memiliki fungsi sama, hanya saja yang menjadi pembeda yaitu mutu atau kualitasya.

TBM dan ovalet memiliki bentuk yang sama seperti pasta. Keduanya biasa ditambahkan pada saat pengocokan adonan telur.

Sementara SP lebih direkomendasikan dalam pembuatan kue. Dimana SP bermanfaat membuat adonan jadi homogen dan tidak gampang turun saat dikocok. Dengan penambahan bahan kue SP adonan akan lebih stabil.

Demikian ulasan sedikit mengenai Aneka Bahan Kue dan Manfaatnya, jika ada bahan yang masih belum di mengerti kegunaanya bisa baca ulasan selanjutnya disini klik 10 Bahan Kue Terpenting untuk Pemula.

Semoga bermafaat :)

1 Comments

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Resep Sebelumnya Resep Selanjutnya