Resep Roti Sobek Isi Meses Holland

12 Oktober 2018Desiana Prasetya

Roti Sobek Isi Meses Holland – Tahukah Anda, kalau sebenarnya Anda bisa buat sendiri roti sobek isi meses yang biasa Anda beli dari toko atau penjaja kue keliling?

Ternyata cara membuatnya cukup mudah loh, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat roti sobek juga terjangkau dimana-mana. 

Dengan membuatnya sendiri di rumah, Anda dapat mengkreasikan rasa roti sobek yang Anda buat sesuai selera. Mulai dari keju parut, aneka selai manis seperti selai nanas, apel, strobery dan juga meises coklat.

Butuh Meises Murah Harga Grosir ? Klik di sini : Distributor Meses Coklat

Nah karena di rumah lagi ada stok meses coklat holland, kali ini Saya menggunakan meses coklat sebagai isianya. Kenapa saya memilih Meses Holland sebagai isiannya? Karena rasa meises coklat ini enak dan super legit. 

Nah dari pada penasaran, langsung saja yuk disimak bahan-bahan dan cara membuat roti sobek isi meses Holland seperti berikut ini.

Step by Step Membuat Resep Roti Sobek Isi Meses Holland

roti sobek isi meses holland
Roti Sobek Coklat – Credit : @egapastrybakery

Bahan A (biang) :

  • 400 gram tepung terigu cakra
  •  1/2 garam
  • 1 bungkus (kira-kira 11 gr) fermipan
  • 250 ml air matang

Bahan B :

  • 100 gram tepung terigu cakra
  • 50 gram gula pasir
  • 25 gram susu bubuk full cream
  • 1 butr telur, gunakan kuningnya saja
  • 1/2 sendok teh gara,
  • 50 gram mentega putih (shortening)

Bahan Isian :

  • Meses holland, sesuai dengan selera

Cara Membuat Roti Sobek :

Untuk bahan A atau biang :

  1. Ambil sebuah wadah dan masukkan tepung dan garam. Aduk sampai merata.
  2. Tambahkan 1 bungkus fermipan dan air ke dalam adonan di dalam wadah. Campur sampai rata, lalu tutup dengan plastik. Diamkan adonan biang selama kira-kira 90 menit sampai mengembang.

Untuk bahan B:

  1. Siapkan lagi sebuah wadah lainnya dan campurkan bahan-bahan berikut ini: tepung, susu bubuk, garam, dan gula pasir. Aduk bahan-bahan sampai tercampur dengan merata. Sekadar catatan tambahan, mulai olah bahan B jika Anda sudah selesai menyiapkan biang dan adonan biang tersebut sudah mengembang.
  2. Tambahkan kuning telur dan mentega putih. Aduk lagi bahan-bahan sampai tercampur dengan rata sepenuhnya.
  3. Masukkan bahan B ke dalam wadah yang berisikan bahan A (biang), lalu uleni selama kira-kira 10 menit, atau sampai adonan berubah menjadi kalis dan elastis.
  4. Bulatkan adonan roti, lalu simpan di dalam wadah tertutup. Diamkan selama kira-kira 15 menit.
  5. Ambil dan siapkan sebuah loyang, lalu olesi permukaan bagian dasarnya dengan margarin. Ambil adonan sebanyak kira-kira 30 sampai 50 gram, lalu bulat-bulat dan pipihkan adonan tersebut. Isi dengan meses Holland, kemudian bulatkan lagi adonan.
  6. Letakkan dan tata adonan yang sudah kembali dibulatkan dan berisi meses Holland ke atas loyang yang telah disiapkan. Ulangi langkah yang sama sampai loyang penuh.
  7. Diamkan dulu adonan di atas loyang selama kira-kira 30 menit sampai mengembang lagi. Kemudian oles permukaannya dengan susu cair dan masukkan ke dalam oven yang telah dipanaskan di suhu 200 derajat Celcius. Panggang sampai permukaan roti jadi kecokelatan.
  8. Setelah roti matang, keluarkan dari oven dan lumuri dengan margarin. Roti sudah siap dinikmati.

Demikian artikel mengenai resep roti sobek isi meses holland, jangan lewatkan resep camilan terbaru dari Tokowahab.com seperti Resep Martabak Manis Teflon Keju Kraft. Semoga bermanfaat :)

 

1 Comments

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Resep Sebelumnya Resep Selanjutnya