Resep Bolu Kukus Pandan Mekar

26 Januari 2019Desiana Prasetya

Resep Bolu Kukus Pandan Mekar – Jika sebelumnya Tokowahab.com berbagi mengenai Resep Bolu Kukus Mekar Warna, pada kesempatan kali ini kami juga akan kembali berbagi mengenai olahan kue bolu kukus, hanya saja di sini kita tidak menggunakan perwarna makanan, melainkan menggunakan pandan.

Warna hijau dari daun pandan membuat kue bolu semakin enak dengan aroma wangi khas pandan yang menggoda. Resep bolu kukus pandan mekar ini cocok sekali di pratekkan bagi Anda yang tidak terlalu suka dengan kreasi bolu kukus warna-warni.

Simak Juga : Cara Membuat Kue Leker Renyah

Memiliki tekstur yang lembut membuat siapa saja ingin mencicipi kelezatan bolkus pandan mekar ini. Selain itu, di dalam resep bolu kukus pandan mekar ini tidak menggunakan soda untuk menaikkan adonannya. Untuk soda di ganti dengan santan, sehingga aman di konsumsi anak-anak dan penggunaan santan tersebut semakin membuat citarasa bolu kukus semakin enak, manis dan gurih yang pas.

Nah penasaran kan dengan kreasi bolu kukus pandan ini? Jika begitu yuk langsung saja di simak bahan kue yang digunakan dan cara membuatnya seperti berikut ini :

Langkah Membuat Resep Bolu Kukus Pandan Mekar

Resep Bolu Kukus Pandan Mekar
Resep Bolu Kukus Pandan Mekar – Credit : @linda.kellen

Bahan Kue Bolu Kukus Pandan :

  • 200 gram Gula pasir
  • 200 mili liter santan ( 100 ml santan instan + 100 ml sari jus pandan atau bisa juga gunakan 200 santan kental + beberapa tetes esen pandan )
  • 1/4 sendok teh Garam
  • 1/4 sendok teh Vanilla bubuk
  • 2 butir Kuning Telur
  • 1/2 sendok teh Soda Kue
  • 50 gram Gula Pasir
  • 1/4 sendok teh Baking Powder
  • 250 gram Tepung segitiga/kunci
  • 100 mili liter Minyak Goreng

Cara Membuat Resep Bolu Kukus Panda Mekar :

  1. Pertama-tama didihkan santan, gula pasir, jus air pandan, garam & vanilli bubuk sampai larut. Saring, sisihkan sampai suhu ruang.
  2. Selanjutnya mixer kuning telur, gula pasir 50 gram, BP & Soda kue sampai pucat mengembang pake speed tinggi.
  3. Kemudian masukkan secara berurutan air santan pandan yang sudah di masak tadi, lalu campuran terigu sampai rata dengan mixer speed paling rendah,
  4. Lalu masukkan minyak goreng aduk rata pake Spatula. (diamkan adonan kurang lebih selama 15 menit).
  5. Langkah berikutnya baru tuang adonan kedalam cetakan atau cup.
  6. Kukus selama 20 menit dengan api besar. sebaiknya tutup dandang dilapisi serbet atau kain bersih agar uap air tidak jatuh ke adonan.
  7. Selamat mencoba.

1 Comments

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Resep Sebelumnya Resep Selanjutnya